Komikat Tapak Suci PSDKU Siap Lestarikan Budaya dan Mendunia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Komikat Tapak Suci PSDKU saat sedang berlatih di kampus PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
Komikat Tapak Suci PSDKU saat sedang berlatih di kampus PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sebagai salah perguruan pencak silat terbesar di Indonesia, Tapak Suci sudah merambah ke berbagai pelosok nusantara dan  beberapa negara di Asia dan Eropa. Di Indonesia, Tapak Suci diminati oleh anak-anak, dewasa, sampai generasi tua.

Sejak Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi berdiri, semakin terasa lengkap ketika mempunyai Komunitas Minat dan Bakat (Komikat), salah satunya yaitu Komikat Tapak Suci. Dalam perjalananya, Komikat Tapak Suci PSDKU UNAIR Banyuwangi memilki visi “Mewujudkan Generasi Muda yang Kondusif untuk Menegakan Amar Ma’uf Nahi Mungkar”.

Pada periode 2019, Komikat Tapak Suci PSDKU UNAIR Banyuwangi dipegang oleh Sandi Aminullah sebagai ketua dan Mardiana Sang Jaya Putri selaku wakil ketua. Ditemui UNAIR NEWS pada Senin (25/3), wakil ketua yang akrab disapa Mardiana itu mengatakan, ada tiga program unggulan yang akan menjadi target pada tahun 2019. Ialah latihan rutin pada setiap hari Senin dan Jumat, uji kenaikan tingkat, dan Airlangga Cup.

“Kegiatan Komikat Tapak Suci yang diadakan pada tahun 2019 ini, diharapkan  dapat mengembangkan kemampuan bela diri para generasi muda,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Komikat Tapak Suci PSDKU UNAIR Banyuwangi juga memiliki beberapa divisi. Diantaranya Divisi Komunikasi, Informasi, dan Humas, Divisi Sarana dan Prasarana, Divisi Kegiatan dan Prestasi, serta Divisi Kaderisasi.

“Dengan itu, kami juga ingin serta ikut andil dalam pelestarian kearifan lokal yang berbasis pencak silat sebagai khazanah budaya bangsa, juga guna mempersiapkan atlet-atlet berprestasi tingkat nasional bahkan internasional,” ujar Mardiana.

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).