Hari Pertama Pameran, Delegasi UNAIR Lakukan Pertemua Strategis dengan 28 Mitra

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Vice Dean III of Faculty of Economics and Business UNAIR Nisful Laila (left) with Head of Global Networking and Communication AGE Margaretha Rehulina (right) conducted a strategic meeting with delegates from Aachen University, Germany. (Binti Q. Masruroh)

UNAIR NEWS – Acara Asia-Pacific Association for International Education Conference and Exhibition (APAIE) 2019 menjadi kesempatan emas bagi Universitas Airlangga untuk menjalin kerjasama dengan mitra asing. Bagaimana tidak, pameran pendidikan itu dihadiri oleh delegasi dari ratusan perguruan tinggi di dunia.

Selain membuka booth, hari pertama pameran pada Selasa (26/3/2019), delegasi Universitas Airlangga telah melakukan strategic meeting bersama setidaknya 28 perguruan tinggi mitra. Pertemuan strategis itu itu dilakukan bersama mitra yang yang sudah pernah bekerjasama, maupun dengan mitra yang benar-benar baru.

“Hari ini tercatat 28 meeting, namun ada juga rapat-rapat yang tidak tercatat, karena kita datang ke stan universitas lain dan membicarakan kemungkinan kerjasama,” tutur Head of Division of Global Networking and Communication Airlangga Global Engagement (AGE) Margaretha Rehulina.

Margaretha menuturkan, dalam pertemuan bersama mitra yang sudah pernah diajak bekerjasama, topik pembicaraan diarahkan pada kemungkinan kerjasama lanjutan. Kerja sama itu bisa dengan menambah mitra dari fakultas lain, maupun dengan menambah program. Misalnya, kerja sama yang sebelumnya dalam hal academic mobility, dikembangkan menjadi kolaborasi riset.

Selain itu, pada saat meeting bersama mitra lama juga dilakukan evaluasi atas kerjasama yang telah berlangsung.

Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR Nisful Laila (paling kiri) bersama Head of Division of Global Networking and Communication AGE Margaretha Rehulina (paling kanan) melakukan strategic meeting bersama delegasi asal Aachen University, Jerman. (Binti Q. Masruroh)

Sementara dengan mitra baru, dilakukan penawaran program yang lebih mudah dilakukan bersama. Misalnya, student mobility dan lecture mobility.

“Kami ingin lebih ke terutama kerjasama riset dan publikasi. Itu bisa memfasilitasi profesor universitas partner dan profesor UNAIR bisa bertemu. Lalu, mereka akan bicara bagaimana bisa riset dan publikasi bersama. Karena fungsi AGE adalah memfasilitasi agar mereka bisa bekerja sama,” tambah dosen fakultas psikologi itu.

Sementara itu, Direktur Eksekutif AGE UNAIR Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan, sesuai arahan rektor, arah kerjasama UNAIR dengan mitra asing tahun ini lebih difokuskan pada kolaborasi riset, publikasi, dan sitasi. Untuk itu, lanjut Prof Nyoman, pameran pendidikan semacam ini menjadi kesempatan bagus untuk UNAIR dapat menjalin dengan sebanyak-banyaknya mitra.

Pameran pendidikan ini masih akan berlangsung hingga Kamis (28/3/2019). Rencananya, pada Rabu (27/3/2019) delegasi UNAIR akan melakukan pertemuan strategis dengan sebanyak 21 mitra, dan pada Kamis (28/3/2019) dengan sebanyak 19 mitra. Pertemuan strategis ini diharapkan dapat berlanjut pada kerjasama dan penandatanganan MoU antara kedua belah pihak. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu