AcSES FEB UNAIR Perkuat Ukhuwah Melalui SMART 1 Bernuansa Islam

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
ANGGOTA AcSES saat melaksanakan upgrading SMART 1 di Villa Greenpeace, Pacet, Mojokerto. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Association of Sharia Economics Studies (AcSES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar upgrading bertajuk Sharia Motivation and Achievement Training 1 (SMART 1). Kegiatan itu dilaksanakan pada Jumat (15/3) hingga Minggu (17/3), di Villa Greenpeace, Pacet, Mojokerto.

Fais selaku ketua panitia SMART 1 mengatakan bahwa SMART 1 merupakan wadah bagi anggota AcSES untuk memperkuat tali ukhuwah islamiyah. Kegiatan selama dua hari tersebut dikemas sedemikian rupa untuk memperkenalkan AcSES kepada staff-staff baru.

“Saya berharap Acsessor (anggota AcSES, Red) dapat lebih mengenal tentang AcSES dan orang-orang yang ada di dalamnya,” ungkapnya.

Dalam rangkaian kegiatan SMART 1, panitia mampu menghadirkan nilai-nilai islam dalam setiap kegiatannya. Dimulai dari aktivitas pagi dengan mendirikan sholat tahajjud serta sholat shubuh berjamaah.

“Jangan sampai karena kesibukan kita menjalankan proker (program kerja, Red), membuat kita lalai terhadap kewajiban kita kepada Allah,” tambahnya.

Lebih lanjut, Muhammad Ariq Syahputra selaku Manager Divisi Human Resources Development AcSES menjelaskan tujuan diadakannya SMART 1. Menurutnya, SMART 1 merupakan salah satu rangkaian kaderisasi dari AcSES untuk menumbuhkan rasa cinta kepada ekonomi islam dan AcSES.

“Di SMART 1, Acsessor juga akan mendapatkan materi mengenai ekonomi islam guna memperluas pengetahuan Acsessor,” imbuh Ariq.

Selain itu, penerapan nilai-nilai keislaman juga diterapkan pada kegiatan bermain games yang diselenggarakan oleh panitia. Utamanya tentang pengenalan dasar-dasar ilmu ekonomi syariah. Games adventure misalnya, untuk memenangkan games para Acsessor harus melewati empat pos dengan tantangan yang beragam.

“Ada empat pos. Di setiap pos, kita selipkan materi-materi dasar tentang ekonomi islam,” tambahnya.

Beda halnya dengan Hasbi Ash Shidiq selaku Direktur AcSES. Ia mengungkapkan harapannya kepada para peserta untuk terus saling menguatkan ghirah dalam membumikan ekonomi islam. Dakwah kampus harus terus digalakkan utamanya dilingkungan FEB.

“Semoga ke depannya, para Acsessor dapat memacu diri para peserta untuk berkembang menjadi lebih baik. Sehingga peserta mampu berkontribusi besar dalam membangun masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT,” pungkasnya. (*)

 

Penulis : Sandi Prabowo

Editor : Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu