Mahasiswa Psikologi Menangi Pemilihan Duta Gemarikan Jawa Timur 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir bukan menjadi halangan bagi Khansa Nabilah Noorshy atau yang akrab disapa Khansa untuk meraih prestasi di bidang non-akademik. Mahasiswa semester VIII Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Airlangga itu berhasil menyabet Juara I Puteri dalam Ajang Pemilihan Duta Gemarikan Provinsi Jawa Timur.

Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa timur tersebut, Khansa mewakili Kota Surabaya. Mahasiswa yang memiliki hobi bermain piano itu pun dipasangkan dengan juara I putra yang juga perwakilan dari Kota Surabaya. Digelar pada Kamis (21/3), pemilihan tersebut bertempat di ballroom lantai 3 Hotel Harris, Surabaya.

Motivasi Khansa mengikuti Pemilihan Duta Gemar Ikan datang dari kesehariannya. Ia sendiri yang awalnya jarang mengonsumsi ikan menyadari bahwa makan ikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

”Ini berawal dari temen sih. Kalau makan siang sering bingung mau makan apa. Dan, akhirnya pasti makan ayam. Kemudian ada temanku yang selalu pesan ikan tiap makan siang. Aku penasaran dong. Dan, ternyata manfaat makan ikan itu sangat luar biasa,” ungkapnya.

Mahasiswa kelahiran Surabaya, 27 maret 1997, itu berhasil menyisihkan lebih dari seratus peserta melalui beberapa tahap penyisihan. Tahap yang pertama adalah seleksi berkas, kemudian dilanjutkan pada tahap semifinalis.

Dalam tahap tersebut, terdapat beberapa tes. Di antaranya adalah tes tulis, Focus Group Discussion (FGD), dan tes Wawancara. Kemudian, diambil sepuluh pasang finalis putra putri yang kemudian diadu pada acara puncak Grand Final.

Setelah terpilih menjadi Duta Gemarikan Jawa Timur 2019, Khansa memiliki misi untuk mengubah mindset masyarakat tentang konsumsi ikan melalui Psikoedukasi. Diharapkan masyarakat Jawa Timur akan semakain paham akan pentingnya mengonsumsi ikan.

”Indonesia itu 70 persen (wilayahnya, Red) laut. Otomatis potensi perikanannya banyak. Tapi, banyak masyarakat yang nggak mau konsumsi ikan. Ini merupakan masalah yang krusial. Karena, seenak apapun olahan ikan kalau mindset masyarakat tentang konsumsi ikan masih negatif, maka akan tetap saja,” imbuhnya.

Sebelum menjuarai Duta Gemarikan Jawa Timur 2019, Khansa sudah dikenal sebagai mahasiswa berprestasi. Tercatat ia pernah meraih juara III Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas Airlangga 2016.

Selain itu mahasiswa yang tengah menunggu jadwal sidang skripsi tersebut beberapa kali mengikuti kegiatan Internasional. Di antaranya adalah Pertukaran Mahasiswa di Universitas Utara Malaysia (UUM) selama satu semester. Termasuk pernah mengikuti Summer Program di Asia University Taiwan.

 

Penulis: Firman Wijaya

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).