FADHEL Maulana saat mengikuti Model United Nations di British University Vietnam pada Februari 2019. (Foto: Istimewa)
FADHEL Maulana saat mengikuti Model United Nations di British University Vietnam pada Februari 2019. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Mengikuti ajang bertaraf Internasional merupakan impian bagi para mahasiswa. Terutama ajang Model United Nations (MUN). MUN merupakan pendidikan simulasi dan atau kegiatan akademik. Di mana mahasiswa dapat belajar tentang diplomasi, hubungan Internasional, dan PBB.

Bagi beberapa mahasiswa yang ingin mengikuti ajang bergengsi itu tidaklah begitu mudah. Fadhel Maulana, mahasiswa Teknik Biomedis angkatan 2017 sekaligus duta Universitas Airlangga (UNAIR) 2018, ini membagikan tips untuk bisa diterima dalam MUN. Berikut beberapa tips dari Fadhel agar bisa diterima untuk mengikuti MUN. Simak.

  1. Manfaatkan Teknologi

Di era milenial saat ini, teknologi sudah semakin canggih. Setiap tahunnya teknologi berkembang menjadi lebih baik. Sebagai mahasiswa milenial hendaknya memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya.

Mahasiswa yang menginginkan mengikuti ajang MUN itu sebaiknya memanfaatkan teknologi untuk mencari artikel atau berita internasional. Mengetahui berita-berita internasional terbaru dapat memudahkan mengambil topik yang akan dipilih

2. Perbanyak Belajar Menulis

Sebagai seorang mahasiswa tentu sudah tidak asing dengan tulisan atau paper. Baik tulisan ilmiah maupun non-ilmiah. Mempelajari tulisan ilmiah sangat dianjurkan saat ingin mengikuti MUN karena akan diminta membuat position paper.

Position paper adalah dokumen yang berisikan bagaimana kita (penulis) memposisikan diri terhadap suatu isu dan bagaimana negara memandangnya. Dengan itu, pembuatan position paper harus relevan dengan data yang ada dan data tersebut merupakan data yang terbaru.

3. Pilih Topik yang Relevan.

Dalam seleksi MUN, terdapat tahap mengisi formulir online. Di dalam formulir, terdapat beberapa topik yang bisa dipilih. Pemilihan topik hendaknya memiliki hubungan dengan apa yang telah dipelajari atau yang lebih dipahami.

Pemilihan topik pada umumnya relevan dengan jurusan perkuliahan. Mengambil topik yang berbeda bisa membuat delegasi tersebut kesulitan. Baik dalam membuat position paper maupun saat menjadi delegasi.

4. Jangan Malas Gerak.

Saat lolos MUN, yang bersangkutan pasti menjadi delegasi dan harus keluar negeri mengikuti serangkaian kegiatannya. Menjadi mahasiswa yang ingin mengikuti MUN tidak boleh malas. Sebab, banyak proses yang akan dilalui sebelum berangkat menjadi delegasi.

Proses-proses tersebut, antara lain, mengurus perijinan, mengurus visa, dan membuat motivation letter. Mengurus perijinan dan mengurus visa yang sangat sulit, baik prosesnya maupun lamanya dalam mengurus. Karena itu, mahasiswa yang ingin mengikuti MUN tidak boleh malas.

Sudah tahu kan apa saja yang harus dilakukan untuk mengikuti MUN? Jangan sampai pengalaman menjadi penyesalan. Tetap semangat!!

 

Penulis: Asthesia Dhea C.

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone