Raih Penghargaan Entrepreneur of The Year Tahun 2018

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Farhan Vidi Amanullah, Wisudawan Berprestasi Wirausaha. (Ilustrasi: Feri Fenoria Rifai)

UNAIR NEWS – Farhan Vidi Amanullah atau yang akrab disapa Farhan memulai bisnisnya dengan mendirikan UD. Ihtiar Jaya pada tahun 2016. Toko yang fokus pada penjualan mebel berbahan kayu jati tersebut menerima pesanan dengan berbagai model sesuai pesanan. Tidak hanya menerima pesanan dari pembeli yang berdomisili Surabaya, Ihtiar Jaya juga berusaha menarik konsumen dari luar kota melalui website dan media .

“Mebel yang saya jual memiliki garansi seumur hidup, dengan syarat dan ketentuan yakni pelanggan berada di wilayah yang terjangkau oleh perusahaan, dan pemakaian wajar,” ucap Farhan.

Selama kuliah, Farhan juga tetap aktif berorganisasi. Dirinya sempat menjadi bagian dari Workshop Entrepreneur Society (WEBS) UNAIR. Organisasi yang memberinya banyak pengalaman, relasi, dan ilmu seputar dunia kewirausahaan. Selain itu, ia juga mengikuti beberapa komunitas yang berfokus pada bidang woodworking dan metalworking.

Kesibukan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Farhan. Momen ketika kinerjanya di organisasi menurun, kuliahnya menjadi terbengkalai dan mendapatkan pelanggan yang komplain juga sempat dia alami. Namun, support dari orang-orang terdekat membuat Farhan bertahan dan berpikir jernih. Sehingga ia bisa menyelesaikan permasalahan satu per satu.

“Saat itu saya mendapatkan teguran dari berbagai pihak. Mulai dari ketua organisasi, rekan-rekan organisasi, dan juga pelanggan,” ucap Farhan.

Usaha tidak akan menghianati hasil. Pada tahun 2018, Farhan berhasil meraih penghargaan dari FEB UNAIR sebagai Entrepreneur of The Year dan terpilih sebagai narasumber untuk Airlangga Entrepreneur Profile, BEM UNAIR 2018.

Untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1, Farhan berpesan agar mengurangi mengeluh dan mulai memperbanyak relasi. Selain itu, memperkuat jaringan dengan teman dan mengikuti organisasi juga penting untuk dilakukan. Karena dengan mengikuti organisasi, mahasiswa dapat belajar banyak hal yang belum tentu diajarkan di bangku perkuliahan.

“Nikmati proses. Kurangi mengeluh. Perbanyak relasi. Perkuat jaringan. Dan ikuti organisasi,” ucap Farhan. (*)

Penulis: Galuh Mega Kurnia

Editor: Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu