Soroti SDM untuk Pembangunan Organisasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Hendro Gunarto, wisudawan terbaik S2 Sekolah Pascasarjana. (Ilustrasi: Feri Fenoria Rifai)

UNAIR NEWS – “Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan non Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Kantor Manajemen Universitas Airlangga” menjadi judul tesis yang mengantarkan Hendro Gunarto menjadi wisudawan terbaik S2 Sekolah Pascasarjana pada periode Maret 2019.

Wisudawan kelahiran Surabaya, 05 Pebruari 1980 mengambil topik itu bukan tanpa alasan. Menurutnya, status Universitas Airlangga yang merupakan PTN Badan Hukum dan mempunyai target masuk ke dalam 500 universitas terbaik di dunia pada tahun 2020, membuatnya ingin mengetahui serta menganalisis tentang besarnya pengaruh lingkungan kerja yang ada di UNAIR, khususnya di kantor manajemen.

“Karena saya juga berstatus sebagai pegawai pada Direktorat Sumber Daya Manusia, jadi saya perlu untuk meniliti serta menganalisis tentang besarnya pengaruh lingkungan kerja yang ada di UNAIR baik lingkungan kerja fisik maupun non fisik,” jelasnya.

Faktor fisik, jelasnya, merupakan beberapa hal yang menyangkut sarana prasarana dalam pelaksanaan pekerjaan maupun lingkungan kerja. Sedangkan faktor non fisik merupakan beberapa hal  yang menyangkut hubungan antar pegawai terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja.

“Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat diketahui langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dari para pegawai sehingga semua target dan tujuan yang menjadi cita-cita Universitas dapat tercapai,” imbuh wisudawan yang hobi olahraga tersebut.

Mengenai tips menjadi wisudawan terbaik, anak kedua dari lima bersaudara itu mengatakan bahwa selama studi harus mempunyai rencana dan target yang akan dicapai selama perkuliahan, mengaplikasikan materi perkuliahan dengan situasi sebenarnya didunia kerja, dan membangun jaringan yang luas, baik dengan rekan kuliah, senior, alumni dan dosen

“Dan yang tidak kalah penting adalah mempunyai keinginan dan kemauan yang kuat untuk menjadi yang terbaik,” pungkas wisudawan yang menyabet IPK 3,85 tersebut. (*)

Penulis: Nuri Hermawan

Editor: Feri Fenoria Rifai

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).