KRA Group Undang Peneliti UNAIR untuk Paparkan Politik Nasional di Malaysia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Suko Widodo, M.Si., (dua dari kanan) bersama dengan beberapa jurnalis dari berbagai negara Asia Tenggara. (Foto: Istimewa)
Dr. Suko Widodo, M.Si., (dua dari kanan) bersama dengan beberapa jurnalis dari berbagai negara Asia Tenggara. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Kualitas peneliti dan pakar yang dimiliki oleh Universitas Airlangga memang tidak bisa diragukan lagi. Banyak gagasan dan pandangan para pakar yang menjadi rujukan kebijakan dan wawasan bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

Kali ini, Dr. Suko Widodo, M.Si., pakar Komunikasi Politik UNAIR itu berkesempatan memaparkan berbagai hal mengenai peta politik nasional di Malaysia pada Selasa (19/3). Diundang oleh KRA Group, pakar UNAIR yang akrab disapa Suko itu memberikan paparan peta politik nasional dihadapan 16 jurnalis dari berbagai negara di Asia Tenggara.

Dalam paparannya, Suko memberikan penjelasan bahwa dalam kontes politik di Indonesia, perilaku kaum milenial sangat memberikan warna dan pengaruh dalam menentukan ataupun memilih tokoh-tokoh politik untuk mewakili suaranya di parlemen.

“Dalam hal ini, milenial sangat menentukan pergulatan politik. Terlebih, dalam pemanfaatan informasi media sosial sebagai sumber informasi dalam mempertimbankan memilih tokoh yang akan menjadi wakilnya,” jelas Suko.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Suko juga menyampaikan mengenai prospek politik kaum milenial dimasa mendatang. Menurutnya, milenial dengan dorongan kemajuan teknologi yang terus berkembang akan memiliki power untuk menjadi penentu utama arah dan haluan politik nasional.

“Disamping melakukan presentasi, saya juga diundang wawancara langsung di salah satu studio televisi Malaysia yang berpusat di Kuala Lumpur,” ungkapnya.

Tidak hanya memberikan paparan, dalam kesempatan itu, KRA Group juga menawarkan kemungkinan kerjasama penelitian dan kajian media dengan Universitas Airlangga dan sejumlah lembaga di Indonesia. Hal itu, bagi Suko, merupakan tawaran yang sangat baik dan berharap kemungkinan kerja sama segera bisa dilaksanakan

Sementara itu, Director of Strategy KRA Group Amir Fareed Abdul Rahim dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pihaknya banyak mendapatkan informasi mengenai riset Suko dalam melihat prospek politik masa depan Indonesia. Tidak hanya itu, pihaknya juga banyak belajar dari praktik politik di Indonesia yang demokratis.

“Kami menilai bahwa Suko mampu dan memahami tentang kehidupan demokrasi serta media di Indonesia. Sebagai salah satu akademisi komunikasi politik, analisis Suko menjadi rujukan penting bagi kalangan jurnalis di ASEAN,” pungkasnya.

Penulis: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu