MAHASISWA menanam bibit pohon dalam kegiatan Pengabdian Perpajakan. (Foto: Istimewa)
MAHASISWA menanam bibit pohon dalam kegiatan Pengabdian Perpajakan. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Dalam menyambut Hari Bumi Dunia pada 22 April mendatang, Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Perpajakan Universitas Airlangga mengadakan pengabdian bertajuk Pengabdian Perpajakan: “Small Steps for The Great Future”. Kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian mahasiswa D3 Perpajakan terhadap Bumi dan masyarakat.

Kegiatan tersebut diadakan di Hutan Kota Pakal, Kelurahan Pakal, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya. Tepatnya dilaksanakan pada Minggu (17/3/2019) pukul 06.30.

Kegiatan yang bertajuk pengabdian kepada masyarakat pada beberapa bidang itu dihadiri oleh anggota HIMA D3 Perpajakan UNAIR dan masyarakat Kelurahan Pakal. Terdapat sejumlah kegiatan yang digelar. Kegiatan tersebut, antara lain, senam aerobik, karaoke, penanaman bibit pohon, dan penebaran bibit ikan.

Kegiatan senam aerobic membuka kegiatan pengabdian itu. Peserta senam aerobik tersebut merupakan anggota HIMA D3 Perpajakan dengan warga Kelurahan Pakal dan sekitarnya.

Setelah senam aerobic, M. Rigel Ervinosa selaku ketua HIMA (KAHIMA) D3 Perpajakan UNAIR memberikan sambutan kepada warga. Dalam sambutannya, ia menjelaskan latar belakang kegiatan itu.

”Jadi, acara pengabdian perpajakan yaitu wujud dari HIMA D3 Perpajakan UNAIR dalam berkontribusi untuk menjadi bermanfaat bagi bumi maupun untuk masyarakat,” ujar mahasiswa yang kerap disapa Vino tersebut.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan penampilan karaoke dari warga Kelurahan Pakal dengan panitia. Warga sekitar menunjukkan antusias yang tinggi dengan meramaikan panggung.

Di samping penampilan warga yang berkaraoke, warga lain diberikan wadah untuk berjualan. Warga sekitar berjualan seperti aneka macam makanan, minuman, hingga busana.

Berikutnya, Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon. Penanaman tersebut dilakukan di tengah kawasan Hutan Kota Pakal Surabaya. Bibit pohon yang ditanam meliputi bibit pohon Asam, Cerme, hingga Daun Salam.

Selain itu, panitia juga melepas benih ikan ke danau yang dijadikan kolam ikan di kawasan Hutan Pakal. Bibit ikan yang dilepaskan adalah bibit ikan Nila

Di samping itu, panitia juga menyediakan posko Relawan Pajak. Posko tersebut disediakan sebagai sosialisasi dari mahasiswa D3 Perpajakan UNAIR agar masyarakat yang datang menjadi paham soal pajak. Khususnya soal pentingnya pajak sekaligus sosialisasi Program Studi Perpajakan UNAIR.

Setelah kegiatan ditutup, kami berkesempatan mewawancarai Ketua Pelaksana Pengabdian Perpajakan, yaitu Aziz Zarif Azhari. Mahasiswa Perpajakan UNAIR itu berharap warga sekitar semakin peka terhadap urusan perpajakan.

”Karena banyaknya perumahan-perumahan sehingga pohon jadi tidak dihiraukan. Karena itu, kita tanam bersama agar mahasiswa lebih aktif terhadap lingkungan. Mengingat kurangnya peka sekitar terhadap sekitar,” katanya seputar harapannya untuk Bumi. (*)

 

Penulis: Ardimawan Fikri Wibianto

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone