Haryono Harimurti, S.Sos., (kiri) , Prof. Dr. Drs. Budi Prasetyo, M.Si., (tengah) , Putu Aditya A.F (kanan). (Foto: istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Minggu ketiga bulan Maret 2019, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Airlangga (UNAIR) menyelenggarakan musyawarah gugus depan (mugus) 622 dan 623 pangkalan pada Minggu (17/3/2019) di Aula Kahuripan 300 Lantai 3 UNAIR.  Musyawarah itu dilaksanakan setiap tiga tahun sekali dengan meninjau ulang kebijakan yang telah digunakan selama tiga tahun belakangan.

Turut hadir dalam acara tersebut Prof. Dr. Drs Budi Prasetyo, M.Si, ketua Gugus Depan Kota Surabaya 623, Hariyono Harimurti, S.Sos., pembina gugus depan 623, Iwan Wahyu Widayat, M.Psi., pengurus gugus depan 623, Putu Aditya F.A perwakilan pihak Kemahasiswaan UNAIR serta 45 anggota UKM Pramuka UNAIR.

Mugus merupakan agenda tiga tahunan yang diisi dengan laporan pertanggungjawaban ketua gugus depan (gudep) masa bakti (2016-2019). Mugus juga memaparkan mengenai keuangan gudep, rencana kerja gudep, visi-misi masa bakti selanjutnya, serta pemilihan dan pelantikan ketua gudep oleh ketua presidium.

Afifah Iftah salah satu anggota UKM Pramuka UNAIR memaparkan harapannya pada musyawarah kerja tahun 2019 untuk dapat menghasilkan kebijakan yang relevan. Diharapkan permasalahan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya dapat dijadikan sebagai pembelajaran bagi anggota baru UKM Pramuka. Mengingat kebijakan yang dihasilkan pada mugus 2019 akan diterapkan selama tiga tahun kedepan.

Prof. Dr. Drs. Budi Prasetyo, M.Si, juga mengungkapkan harapannya pada UKM Pramuka UNAIR untuk tetap menjalin hubungan baik dengan Kwartir Daerah Surabaya guna meningkatkan sinergi dan kerjasama dalam kegiatan kedepan.

“Semoga kedepannya UKM Pramuka UNAIR dapat mengadakan dan juga aktif mengikuti kegiatan yang berskala internasional, karena akan memberikan pengalaman serta relasi yang sangat bermanfaat bagi UKM Pramuka UNAIR,” tambahnya.

Perlu diketahui, UKM Pramuka pada 2-5 Februari 2019 lalu telah mengikuti latihan gabungan (latgab) yang berlangsung di Universitas Diponegoro Semarang. Dengan mengirimkan 30 perwakilan anggota, latgab tersebut dilaksanakan dalam rangka latihan gabungan tahunan yang dihadiri oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), Institur Sepuluh November (ITS), Universitas Diponegoro (Undip), serta UNAIR. Latihan dilaksanakan setiap hari jum’at di Sekretariat UKM Pramuka Lantai 2 Gedung Student Center Kampus C UNAIR.

Selain aktif mengadakan latihan, UKM Pramuka juga aktif mengikuti kegiatan tingkat daerah maupun nasional. Kemudian pada tahun 2016 lalu, UKM Pramuka mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti jambore internasional yang berlangsung di Thailand.(*)

 

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor : Khefti Al Mawalia

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone