Sempat Kaget dengan Dunia Perkuliahan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Amelia Virismanda Vantri wisudawan terbaik S1 Fakultas Hukum. (Ilustrasi: Feri Fenoria Rifai)

UNAIR NEWS – Menjadi mahasiswa baru (maba) sempat membuat Amelia Virismanda Vantri merasa kaget dengan dunia perkuliahan yang berbeda dengan masa sekolah. Namun, mahasiswa S1 Ilmu Hukum itu berhasil lulus dengan IPK yang membanggakan yaitu 3,93. Mahasiswa kelahiran Surabaya, 7 Januari 1997 itu berhasil dinobatkan sebagai wisudawan terbaik S1 Fakultas Hukum UNAIR periode Maret 2019.

“Di awal menjadi seorang mahasiswa saya cukup bekerja keras untuk memahami setiap mata kuliah,” tutur peraih IPK 3,93 itu.

Namun, lanjut Amelia, seiring berjalannya waktu ia mengikuti salah satu badan semi otonom di FH yaitu KOMAHI. Dalam organisasi itu, terdapat program kadiksu (kakak didik asuh) yang memberinya kesempatan untuk berdiskusi oleh kakak tingkat.

Di akhir perkuliahannya, Amelia menulis skripsi yang berjudul “Pembatasan Hak Mantan Terpidana Korupsi Sebagai Calon Anggota Legislatif melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum”. Topik yang dibahas berkaitan dengan Hukum Pemilu dan Hak Asasi Manusia.

Di samping perkuliahannya, Amelia juga turut aktif dalam beberapa kepanitiaan serta lomba. Beberapa lomba yang telah diikuti Amelia antara lain kompetisi debat hukum nasional di UB , UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Univ Parahyangan Bandung, dan Nasional Moot Court Competition (NMCC) di Universitas Udayana. Tak hanya itu, ia juga mengikuti beberapa kegiatan Pengabdian Masyarakat baik dari BEM UNAIR, Dosen FH UNAIR, dan Pengmas dari komunitas luar kampus.

“Saat kuliah saya pernah menjadi tim riset untuk delegasi UNAIR dalam kompetisi debat hukum nasional di Universitas Parahyangan Bandung dan mendapat juara 2,” tambahnya.

Saat ini, Amelia menjadi salah satu koordinator daerah Surabaya untuk kegiatan pengabdian masyarakat. Ia juga berencana untuk melanjutkan S2 serta bekerja. Tipsnya menjadi wisudawan terbaik bahwa belajar saja tidak cukup, harus dibarengi dengan doa dan restu dari orang tua. Teman pun sangat berpengaruh dalam perkuliahan.

“Dan sesekali mengikuti kegiatan lomba diluar kampus karena kita bakalan memiliki pengalaman lebih dan juga menambah banyak teman dari luar kampus,” pungkasnya. (*)

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu