PROGRAM INBOUND, The Japanese Red Cross Kyushu International College of Nursing (JRCKICN) yang bekerjasama dengan Fakultas Keperawatan UNAIR, mengunjungi Puskesmas Mulyorejo pada Rabu (27/2/2019). (Foto: istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga merupakan salah satu Fakultas dengan akreditasi Asean University Network (AUN) Quality Assurance (QA). Kedatangan The Japanese Red Cross Kyushu International College of Nursing (JRCKICN) dalam mengikuti program inbound merupakan kerjasama dengan Fakultas Keperawatan (FKp) UNAIR pada 25 Februari hingga 9 Maret 2019.

Pada hari itu, Prof. Ogawa dan Moori selaku perwakilan dari JRCKICN ditemani oleh dr. Feby (Staff Puskesmas Mulyorejo) dan Sylvia Dwi (Dosen Fakultas Keperawatan UNAIR) berkesempatan mengunjungi Puskesmas Mulyorejo pada Senin (27/2/2019). Mereka mendapat penjelasan mengenai kegiatan rutin posyandu balita yang ada di Puskesmas tersebut. Diantaranya yakni forum edukasi oleh puskesmas, penimbangan berat badan balita, proses imunisasi, dan pemberian gizi tambahan.

“Masyarakat disana (Jepang, Red.) tidak begitu aware melakukan vaksinasi bagi anak-anak mereka, sangat berbeda dengan di Indonesia yang mewajibkan vaksinasi rutin secara berkala dengan melakukan pemantauan melalui buku vaksinasi,” ungkap Moori.

“Saya sangat senang mengetahui bahwa masyarakat disini (Surabaya, Red.) sangat ramah, tetangga dapat berhubungan dengan dekat, dan mengetahui bahwa nenek dapat menjadi pengganti ibu untuk mengantarkan balita ke posyandu” tutur Prof. Ogawa.

Tampak mahasiswa dan dosen dari Japanese Red Cross Kyushu International College of Nursing (JRCKIN) sangat bersemangat dan antusias ingin mengetahui isi dari buku vaksinasi. Perlu diketahui kegiatan kunjungan berakhir pukul 12.00 WIB sekaligus menjadi penutup pada kegiatan tersebut. (*)

Penulis: Achmad Ubaidillah Mughni

Editor: Khefti Al Mawalia

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone