Yuk, Dukung Gerakan Cinta Lingkungan dengan Ikuti FISIP Trash Challenge!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Poster lomba FISIP Trash Challenge. (Ilustrasi: Panitia)

UNAIR NEWS – Beberapa waktu lalu, dunia maya sempat diramaikan dengan tren mengunggah foto atau video dengan tantangan tertentu atau biasa disebut challenge, di sosial media. Bahkan, hal tersebut cukup menyita pengguna media sosial hingga menjadi viral. Sebut saja Kiki Challenge, Momo Challenge, Falling Star Challenge, dan masih banyak lagi.

Fenomena tersebut rupanya menginspirasi Kementerian Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (UNAIR) untuk menciptakan program baru. Adalah FISIP Trash Challenge, sebuah gerakan untuk mengajak warga kampus untuk lebih peduli dengan kebersihan lingkungan.

FISIP Trash Challenge merupakan sebuah tantangan untuk mengunggah foto bertema gerakan cinta lingkungan di media sosial Instagram. Syaratnya, foto yang diunggah harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan panitia.

Pertama, peserta harus mencari tempat yang kotor atau rawan sampah. Kemudian, peserta harus  memotret tempat tersebut sebelum dibersihkan (foto sebelum). Setelah itu, peserta kembali mengambil gambar tempat yang telah dibersihkan bersihkan dengan semenarik mungkin (foto sesudah).

Jangan lupa untuk menuliskan keterangan atau caption kreatif berupa ajakan untuk mencintai lingkungan dengan ketentuan tulisan maksimal 100 karakter. Terakhir, peserta wajib mencantumkan hashtag #FISIPUNAIR #PENGMASBEMFISIP #GerakanUNAIRCintaLingkungan #FISIPTRASHCHALLENGE serta menandai akun Instagram @bemfisipunair. Foto diunggah paling lambat tanggal 29 Maret 2019.

Terdapat dua kategori foto yang dilombakan, yaitu foto individu dan foto kelompok yang beranggotakan dua hingga empat orang. Kriteria penilaian foto terbaik bergantung pada banyaknya jumlah sampah di foto, kreatifitas foto, dan jumlah like.

“Ini adalah proker baru dari Kementerian Pengmas BEM FISIP sendiri. Insyaallah jika antusias dari warga UNAIR besar, kita akan meneruskan proker ini tiap tahunnya,” ujar Amelia Sri Hardiani, selaku penanggung jawab program.

Contoh foto untuk lomba FISIP Trash Challenge. (Foto: Istimewa)

Sementara itu Menteri Pengmas BEM FISIP UNAIR Manuel Agri mengungkapkan, FISIP Trash Challenge tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa FISIP, melainkan terbuka bagi seluruh sivitas akademika UNAIR.

“Di sini saya mengajak seluruh fakultas untuk melaksanakan program tersebut dengan tujuan untuk memajukan nama UNAIR dan menjaga lingkungan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, FISIP Trash Challenge secara tidak langsung dapat meningkatkan jiwa pengabdian masyarakat bagi mahasiswa UNAIR. Sekaligus menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Selain itu, panitia telah menyiapkan hadiah menarik bagi pemenang foto individu & foto kelompok terbaik. Pemenang foto terbaik akan diumumkan pada 30 Maret 2019 di akun Instagram BEM FISIP UNAIR.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari dukung gerakan FISIP Trash Challenge dan tunjukkan bahwa kamu adalah pemuda yang peduli akan kebersihan lingkungan. (*)

Penulis : Zanna Afia Deswari

Editor : Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu