UNAIR Kuatkan Kerja Sama dengan Edith Cowan University

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh INHA
Ilustrasi oleh INHA

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga terus melebarkan sayapnya guna mencapai target 500 peringkat dunia. Pada Kamis, (28/2) Universitas Airlangga kedatangan Edith Cowan University guna membicarakan mengenai potensi kolaborasi untuk bidang media dan komunikasi.

Irfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms., PhD., dosen Ilmu Komunikasi UNAIR menuturkan dalam pertemuan tersebut telah disepakati antara kedua belah pihak untuk mengadakan kerjasama di bidang student exchange, short program, dan kolaborasi riset antara dosen. Irfan melanjutkan, kerjasama antara Departemen Komunikasi dengan Edith Cowan University sebenarnya sudah terjalin lama. Beberapa dosen di Departemen Komunikasi juga lulusan dari Edith Cowan University Australia dan juga ada beberapa yang join publication dengan dosen disana.

“Jadi pondasinya sudah ada tinggal kemudian memperkuat dan kedepannya akan dibuat MoA (memorandum of Agreement) untuk pondasi kegiatan yang lebih konkrit selanjutnya,” tambahnya.

Irfan menceritakan, sebelumnya Departemen Komunikasi kedatangan dosen dari Edith Cowan University sebanyak tiga kali. Dosen tersebut merupakan pembuka peluang kerjasama tersebut. Namun yang datang pada pertemuan tersebut, lanjut Irfan, merupakan gabungan dari tiga dosen yang membuka kerjasama bersama dengan perwakilan Edith Cowan University.

Irfan berharap tahun ini kerjasama tersebut bisa konkret terlaksana agar UNAIR dan Edith Cowan University bisa saling bertukar pelajar khususnya mahasiswa jenjang S1 dan S2. Juga terkait kolaborasi riset serta kolaborasi antar dosen.

“Komunikasinya akan lebih fokus ke media dan komunikasi ke isu-isu terkait studi budaya dan media,” tambah Irfan.

Selain itu, kerjasama itu juga akan difokuskan pada human communication. Yang mana mahasiswa dari UNAIR akan belajar ke Edith Cowan, dan mahasiswa Edith Cowan akan belajar di UNAIR.

“Itu yang akan kami kerjakan dalam tahun ini,” tambahnya.

Dengan kerjasama itu Irfan juga berharap akan terjalin kerjasama yang erat antara Universitas Airlangga dengan Edith Cowan University dalam usaha untuk menembus rengking dunia. Terutama, tambah Irfam, meningkatkan pengalaman mahasiswa dan juga dosen terkait lingkungan akademis yang berskala global.

“Kerjasama dengan Edith Cowan University sudah terjalin sejak 1996 dan itu akan terus berlanjut dan konkretnya ini yang perlu ditingkatkan lagi,” tutupnya.

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).