UNAIR Bantu Fasilitasi Hak Pilih Mahasiswa Rantau dengan Posko Layanan Pindah Memilih

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana Posko Layanan Pemilu BEM KM UNAIR. (Foto: Istimewa)
Suasana Posko Layanan Pemilu BEM KM UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Menyambut pesta demokrasi yang jatuh pada 17 April 2019, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNAIR bersama BEM Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), BEM Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIIMAPOL) mendirikan Posko Layanan Pindah Memilih. Posko layanan tersebut merupakan bentuk kerja sama UNAIR dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, KPU Jatim dan KPU Surabaya untuk memfasilitasi sivitas akademika yang ingin menggunakan hak pilihnya tanpa perlu pulang ke kampung halaman.

Iqbal Adi, Ketua panitia Posko Layanan Pindah memilih mengatakan, alasan di balik terlaksananya program ini berawal dari masukan dari beberapa mahasiswa UNAIR, terutama mahasiswa rantau yang menginginkan agar mereka dapat menggunakan hak pilih di Surabaya.

“Akhirnya kita usahakan untuk ada (posko layanan) di UNAIR. Kita berusaha memfasilitasi semua sivitas UNAIR. KPU sangat terbantu dengan adanya ini. Mereka juga membuka tangan lebar untuk membantu kita,” terang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya tersebut.

Iqbal mengungkapkan banyak mahasiswa luar kota yang antusias medaftarkan dirii di Posko Layanan Pindah Memilih. Dirinya bersyukur, program tersebut mendapat respon positif dari seluruh sivitas akademika.

“Alhamdulillah, mereka sangat senang dengan adanya ini, rata-rata kan mereka sibuk. Untuk mengurus A5 di KPUD Surabaya juga pasti butuh watu lama. Jadi responmereka sangat baik,” paparnya.

Bagi warga UNAIR yang ingin mendaftar, mereka dapat mengunjungi salah satu Posko Layanan Pindah Memilih yang berada di tiga kampus UNAIR Surabaya. Untuk area Kampus A UNAIR, Posko berlokasi di  Lapangan Tengah Fakultas Kedokteran Gigi, untuk area Kampus B UNAIR, lokasi Posko terletak di depan Gedung Pusat Bahasa (Pinlab), sementara untuk area Kampus C, Posko terletak di depan Gedung Rektorat.

Pendaftar cukup membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Mahasiswa (khusus bagi mahasiswa). Posko Layanan Pindah Memilih beroperasi sejak Rabu (27/2) hingga Kamis (28/2) mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

“Kita menjanjikan untuk mendukung dan mengamankan seluruh kegiatan Pemilu, dan kami juga menjanjikan bahwa pemilih di UNAIR akan melebihi angka 300 pemilih,” ujar Galuh Tedja Sakti, selaku Ketua BEM UNAIR 2018.

Saat ini UNAIR juga tengah mengupayakan agar kegiatan pemungutan suara dapat diselenggarakan di kampus. Sehingga mahasiswa perantau hanya cukup datang ke Tempat Pemungutan Suara(TPS) kampus untuk menggunakan hak pilih.

Penulis: Zanna Afia Deswari

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu