PPKK Imbau Manfaatkan PMW untuk Mahasiswa PSDKU UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Tri Siwi Agustina saat memberikan sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk mahasiswa PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, Kamis 21 Februari 2019. (Foto: Tsania Ysnaini)

UNAIR NEWS – Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) memberikan sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk mahasiswa PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, Kamis 21 Februari 2019. Sosialisasi yang berlangsung di ruang kuliah MA203 kampus Sobo tersebut lebih menekankan kepada mahasiswa UNAIR Banyuwangi untuk memanfaatkan kesempatan emas yang tersedia, terkait bidang wirausaha.

PMW merupakan program yang ditujukan pada mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan atau berpangalaman wirausaha (tahap start up/rintisan) agar dapat menjadi sarjana yang memiliki jiwa kewirausahaan.

Dijelaskan oleh Tri Siwi Agustina selaku perwakilan dari PPKK, bahwa PMW tersebut memiliki beberapa target yang harus dicapai. Antara lain, terciptanya wirausaha baru dikalangan mahasiswa, terwujudnya model pendidikan kewirausahaan sesuai dengan kondisi dan karakteristik, serta tumbuh dan berkembangnya lembaga pengelolaan kewirausahaan mahasiswa di lingkungan kampus.

“PMW ini kami orientasikan untuk job creator bukan job seeker,” ujarnya.

Tidak hanya menjelaskan alur kegiatan PMW saja, namun perempuan yang kerap disapa Tri tersebut juga memberikan berbagai tips untuk berwirausaha, serta memberikan motivasi-motivasi yang dapat meningkatkan semangat peserta pada saat itu untuk tetap berwirausaha. Seperti, segmentasi pasar, target pasar, penentuan keunggulan produk, customer relationship, dan kreasi produk.

Dari berbagai tips tersebut, ia lebih menekankan perihal target pasar. Menurutnya target pasar merupakan hal penting, karena menentukan kelompok konsumen yang dinilai potensial dalam membeli dan menggunakan produk/jasa.

“Percuma saja jika ide kita bagus, produk kita keren, tapi pasarnya salah. Saya ambil contoh sederhana, kalian menjual mainan anak-anak tapi berjualan di depan SMA, pasti sedikit yang membeli,” ungkapnya.

Menurutnya ada 3 hal target pasar dalam berwirausaha di era modern, yaitu the long tail business model, multi-sided platform, dan freemium. Namun, yang paling sering ditemui dan dirasakan oleh masyarakat luar yaitu freemium.

“Target pasar freemium merupakan model bisnis yang menawarkan dan servis secara gratis guna menarik minat konsumen, dimana pada akhirnya berusaha menggiring mereka menjadi pelanggan berbayar. Contohnya seperti spotify dan joox, pasti sering kalian gunakan,” jelasnya.

Sebelum kegiatan sosialisasi berakhir, ia juga memberikan sedikit motivasi kepada peserta yang hadir, agar peserta lebih tertarik untuk terjun di dunia wirausaha.

“Kalian mungkin mengenal Elisabeth, kakak tingkat kalian dari prodi Akuntansi, dia dulu mahasiswa program PMW dan saat ini dia punya usaha onigiri sendiri. Jadi manfaatkan kesempatan ini. PMW tidak hadir di seluruh universitas. UNAIR untungnya masuk salah satu dari 8 universitas yang dipilih Kemenristekdikti untuk manjalankan program PMW,” pungkasnya. (*)

Penulis : Bastian Ragas

Editor : Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu