Calon Mahasiswa Baru, Inilah Tips Memilih Program Studi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UNAIR Dr. Dewi Retno Suminar saat berbagi tips pada peserta AEE hari kedua. (Foto: Feri Fenoria R)
Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UNAIR Dr. Dewi Retno Suminar saat berbagi tips pada peserta AEE hari kedua. (Foto: Feri Fenoria R)

UNAIR NEWS – Hari kedua Airlangga Education Expo (AEE) terus dipadati oleh siswa, guru, dan orang tua siswa yang datang dari berbagai daerah. Salah satu materi yang menarik di hari kedua adalah paparan mengenai tips memilih program studi.

Menanggapi kegalauan peserta dalam menentukan jurusan, Dr. Dewi Retno Suminar atau Dewi selaku wakil dekan III Fakultas Psikologi UNAIR memberikan tips memilih jurusan sesuai minat dan bakat untuk seluruh peserta yang hadir pada AEE hari ke dua pada Sabtu (16/2). Setidaknya, terdapat tiga hal yang perlu untuk diperharikan oleh calon mahasiswa untuk menentukan pilihan.

Bermimpi

“Jangan takut bermimpi!” tegas Dewi.

Sebelum menentukan pilihan, Dewi menganjurkan kepada peserta untuk memiliki mimpi. Setidaknya, peserta sudah memiliki bayangan tentang dirinya sepuluh tahun lagi akan menjadi apa? Atau bekerja dimana? Dan sebagai apa?

Tidak hanya bermimpi. Selanjutnya peserta perlu untuk mulai merancang cara menggapai mimpi tersebut.

Sebagai permisalan, Dewi menjelaskan bahwa bila seseorang ingin menjadi pengusaha maka selanjutnya perlu untuk menguasai ilmu-ilmu tentang wirausaha. Salah satu caranya adalah dengan menjadi mahasiswa di manajemen UNAIR.

Kenali kekuatan diri sendiri

Tips kedua yang diberikan oleh Dewi adalah untuk mengenali kekuatan diri sendiri. Dengan begitu peserat akan mengetahui mereka bagus di bidang apa.

“Sebagai contoh, ketika telah mengetahui kemampuan dirinya, maka seorang anak yang tidak bagus di pelajaran biologi dan kimia namun bagus di pelajaran fisika, tidak akan memilih jurusan kedokteran yang diinginkan ibunya, melainkan akan memilih jurusan lain seperti jurusan teknik yang dia tahu dia mampu sekolah di jurusan tersebut,” jelas Dewi.

Ada beberapa cara untuk mengenali kekuatan diri. Salah satunya adalah dengan melihat nilai pelajaran yang bagus. Karena jika seorang siswa mendapat nilai bagus di suatu pelajaran, artinya siswa tersebut tertarik dan mampu bekerja atau belajar di bidang yang membutuhkan pengetahuan dari pelajaran tersebut.

Selain itu, peserta juga perlu mengetahui bakat lain yang dia miliki seperti daya ingat dan ketekunan. Jika seseorang tidak memiliki daya ingat yang baik, Dewi menyarankan untuk tidak memilih jurusan kedokteran karena belajar di kedokteran membutuhkan daya ingat yang baik. Sebaliknya, jika seseorang tidak tekun, maka sebaiknya tidak memilih jurusan teknik atau jurusan lain yang memerlukan ketekunan tinggi.

“Selain nilai pelajaran, kalian juga bisa mengetahui minat dan bakat kalian dengan mengikuti tes minat dan bakat,” ujar Dewi.

Fokus pada minat diri

Dewi menyarankan kepada peserta untuk tidak masuk ke prodi yang tidak diminati. Karena menurut Dewi, jika seseorang tidak tertarik dengan suatu bidang, maka dia tidak akan memberikan upaya terbainya. Sebaliknya, jika seseorang tertarik pada suatu bidang, maka dia akan mau dan terpacu untuk mencari tahu mengenai bidang tersebut.

“Jangan ikut-ikutan teman,” ucap Dewi mengingatkan.

 

Penulis: Galuh Mega Kurnia

Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu