AEE UNAIR 2019, Rektor Terima Langsung 4 Siswa Berprestasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor Terima Langsung 4 Mahasiswa Berprestasi

UNAIR NEWS – Ada pemandangan tak biasa saat berlangsungnya acara Airlangga Education Expo (AEE) hari pertama, Jumat 15 Februari 2019. Dalam pameran pendidikan Universitas Airlangga yang terbuka untuk seluruh siswa SMA sederajat itu, Rektor UNAIR Prof Moh Nasih menyatakan empat siswa yang datang diterima kuliah di Universitas Airlangga.

Bukan tanpa alasan, keempat siswa tersebut adalah siswa ‘pilihan’ yang memiliki prestasi gemilang, baik dalam hal kepemimpinan maupun kompetisi bidang akademik. Keempat siswa yang dinyatakan diterima yakni pada jurusan Ekonomi Islam, Kesehatan Masyarakat, Sastra Jepang, dan Sistem Informasi.

Salah satu di antara empat mahasiswa beruntung itu adalah Ermawati, siswa dari SMA Muhammadiyah 1 Babat. Ermawati adalah peraih juara II penelitian tingkat internasional, dengan mengambil topik tentang air conditioner (AC) dari serabut kelapa.

“Ini teknologi ramah lingkungan. Dari AC konvensional kita ubah melalui serabut kelapa,” ujar Ermawati menceritakan terkait prestasinya setingkat internasional.

Siswa lain yang tak kalah beruntung adalah Marissa asal SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik. Prestasi yang dimiliki Marissa adalah dalam hal kepemimpinan. Utamanya, ia menjabat sebagai ketua OSIS.

“Awalnya deg-degan sekali. Saya memilih kesehatan masyarakat UNAIR Banyuwangi. (AEE, Red) Ini acara spektakuler banget,” tuturnya kepada UNAIR NEWS.

Mengenai penerimaan mahasiswa itu, Rektor UNAIR Prof Moh Nasih mengatakan bahwa keempat siswa tersebut adalah siswa yang telah mendaftar SNMPTN di UNAIR.

“Yang punya keahlian khusus, kita catat dan kita proses. Ada yang juara lomba, macam-macam. Bagus sekali. Kita bermaksud menggali calon mahasiswa yang punya prestasi khusus,” papar rektor.

Dalam kesempatan wawancara, Rektor menyatakan bahwa meskipun UNAIR mempertimbangkan faktor khusus calon mahasiswa, namun aspek akademis tetap jadi pertimbangan utama. Misalnya, calon mahasiswa hafidz atau penghafal Al-Quran.

Mengenai AEE yang menjadi agenda tahunan UNAIR, Prof Nasih mengatakan bahwa expo ini diadakah dalam rangka membantu calon mahasiswa dalam memilih jurusan di bangku perkuliahan. Dalam AEE ini ditampilkan stan 14 fakultas di UNAIR beserta unit, badan, dan lembaga. Serta, terdapat sesi konsultasi memilih jurusan yang akan diberikan oleh psikolog UNAIR.

“Kita ingin ini (AEE) dilakukan jauh-jauh hari sebelum pendaftaran SNM-SBMPTN, sehingga membantu camaba menetukan pilihan,” paparnya. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu