Ilustrasi
Ilustrasi Oleh Feri Fenoria R
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Kegiatan Gerakan Bangun (Gerbang) Desa Jilid IV diadakan pada bulan Juli 2018 di Kampung Jolosutro. Dilanjutkan dengan kegiatan Bareng-bareng Berkurban (Barbeque) pada perayaan Idul Adha 2018, berhasil menyembelih 9 kambing dan 1 sapi untuk warga. Hingga akhirnya harus ditutup pada Februari 2019.

Kegiatan penutupan tersebut dilakukan pada Jum’at (8/2) hingga Minggu (10/2). Kegiatan diawali dengan panitia dan volunteer yang ikut membantu mengajar di SD Gondang Tapen, peresmian perpustakaan sekaligus penutupan kegiatan Gerbang Desa Jilid IV yang dihadiri oleh sekitar lima puluh warga dan Pasar Murah Airlangga.

Muhammad Ali Ridho, ketua panitia kegiatan menjelaskan,  seluruh pihak yang hadir pada peresmian perpustakaan yang dibangun oleh BEM UNAIR 2017 dan dilanjutkan oleh BEM 2018, berharap perpustakaan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal. Khususnya, sebagai media pembelajaran anak-anak dan warga desa..

“Pembangunan perpustakaan ini kami lakukan tidak hanya untuk tempat membaca, namun juga sebagai ruang serbaguna bagi seluruh warga,” ucap mahasiswa yang akrab disapa Ridho tersebut.

Sebelum diresmikan, perpustakaan sempat digunakan oleh pihak sekolah. Yaitu ketika perkumpulan seluruh kepala SD Kecamatan Wates. Siswa juga sudah sempat membaca buku-buku yang telah disediakan oleh BEM UNAIR 2018.

Menurut Ridho, menjadi ketua panitia dalam kegiatan Gerbang Desa Jilid IV merupakan pengalaman yang luar biasa. Terlebih ketika dirinya mengajak teman-teman mahasiswa untuk mau meluangkan waktunya, memberikan kontribusi pada masyarakat binaan.

Selain itu, mengabdi juga mengingatkan dirinya untuk terus bersyukur. Sebab, dibalik seluruh kemapanan yang telah dia terima, baik kemapanan kebutuhan, pendidikan dan fasilitas umum yang bisa dengan mudah dinikmati sehari-hari, masih terdapat banyak masyarakat yang tidak bisa merasakan kenikmatan tersebut.

“Berbagi dan mengabdikan diri adalah sebagai bentuk ikhtiar kebaikan terhadap sesama,” ucap Ridho.

Peresmian dan penutupan rangkaian kegiatan Gerbang Desa Jilid IV tersebut juga dihadiri oleh Masrur, kepala sekolah SDN Gondang Tapen. Masrur berharap, hadirnya perpustakaan dapat membuat siswa menjadi lebih aktif belajar.

“Semoga, dengan adanya perpustakaan ini dapat menambah keaktifan belajar bagi siswa,” ujar Masrur.

 

Penulis: Galuh Mega Kurnia

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone