Tingkatkan Kemampuan, Mahasiswa Manajeman Perhotelan Praktik di Hotel Holiday Inn

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SALAH seorang mahasiswa tengah merapikan ruang hotel dalam praktikum Tata Graha di Hotel Holiday Inn pada Jum’at (30/11/2018). (Foto: Istimewa)
SALAH seorang mahasiswa tengah merapikan ruang hotel dalam praktikum Tata Graha di Hotel Holiday Inn pada Jum’at (30/11/2018). (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mendapatkan materi praktikum Tata Graha di Hotel Holiday Inn pada Jum’at (30/11/2018). Praktikum tersebut menjadi bagian dari peningkatan hard skill mahasiswa Manajemen Perhotelan UNAIR.

Hal itu sangat penting. Tujuannya, nanti softskill serta hard skill mahasiswa akan teraplikasikan dengan baik. Selain itu, mahasiswa siap untuk diserap oleh lapangan kerja.  Selain kemampuan akademik, dibutuhkan soft skill dan hard skill untuk bisa berkompetisi di dunia kerja. Dengan demikian, kemampuan yang dimiliki dapat diaplikasikan secara baik.

Koordinator Program Studi Manjemen Perhotelan Dian Yulie Reindrawati Ph.D menyampaikan, mengenai tantangan Revolusi industri pada era sekarang, mahasiswa harus bisa mengambil bagian serta masuk dan ikut berkontribusi dalam hal industry. Khususnya di dunia perhotelan.

Kompetisi saat ini, imbuh Dian, telah membuka era persaingan baru. Bukan tidak mungkin, hotel di Indonesia, nantinya diisi oleh pekerja dari Thailand, Filipina, dan Malaysia, bahkan Asia.

”Kita harus masuk dan berkontribusi dan ambil bagian dalam industri peningkatan hard skill ini agar nantinya mahasiswa terbiasa dan siap bersaing di dunia kerja,” ucap Dian.

Pelaksanaan praktikum mata kuliah Tata Graha di Hotel Holiday Inn Surabaya itu dilakukan berkat kerja sama Fakultas Vokasi dengan Hotel Holiday Inn Surabaya.  Praktik tersebut dilakukan selama sehari dan diikuti oleh 63 mahasiswa peserta mata kuliah Tata Graha.

Pada 2018, praktik itu dilakukan di Hotel Grand Darmo Surabaya.  Di setiap tahun, mahasiswa selain berpraktik di kampus, juga dibekali dengan praktek langsung di hotel. Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat merasakan secara langsung bekerja di industri.

”Pengujian kini dilakukan di hotel Holiday Inn yang sebelumnya di angkatan 2016 praktik tersebut dilakukan di Hotel Grand Darmo.  Ini membuat mahasiswa bisa tahu perkembangan dunia perhotelan yang lebih real dan harapannya output lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” kata Rizal, ketua pelaksana acara.

Peningkatan industri pariwisata di Indonesia akan memberikan peluang bagi dunia perhotelan. Meski, paradigma saat ini pekerjaan di lingkungan hotel masih sering dikatakan sebagai ‘babu’ jika dibandingkan dengan para pekerja di institusi.

”Prospek jurusan ke depan akan terus membaik dari dunia pelayanan kerja, khususnya perhotelan. Dan, nantinya bisa meningkatkan devisa negara juga,” ungkap Afi Wijayanti selaku dosen pendamping praktik lapangan tersebut.

”Ini potensi bagi mahasiswa Manajemen Perhotelan untuk bisa mengambil peluang berkontribusi memajukan dunia dari industri pariwisata Indonesia,” tegasnya. (*)

Penulis: Ramadhan

Editor: Feri Fenoria

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu