Ormada TERAS UNAIR Aktif Lakukan Kegiatan dan Tukar Gagasan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – TERAS (Trenggalek Student of Airlangga University) merupakan perkumpulan mahasiswa asal Trenggalek yang berkuliah di Universitas Airlangga. Nama TERAS resmi digunakan menjadi nama organisasi mahasiswa daerah (ORMADA) asal Trenggalek pada tahun 2010.

Saat ini, TERAS diketuai oleh Rica Naudita Krisna Setioningrum, mahasiswa S1 prodi Kesehatan Masyarakat UNAIR angkatan 2016. Terbentuknya nama TERAS dilatarbelakangi oleh sebuah komunitas yang mewadahi mahasiswa asal Trenggalek dan turut serta mendukung kegiatan-kegiatan kampus dalam lingkup daerah.

Rica menuturkan, tujuan dibentuknya TERAS ialah guna sebagai wadah untuk sarana berkomunikasi dan berkumpul bagi mahasiswa UNAIR yang berasal dari Trenggalek. Tak sedikit, jumlah anggota TERAS saat ini sudah mencapai 90 mahasiswa.

“Terbukti, setelah TERAS dibentuk komunikasi antar mahasiswa asal Trenggalek menjadi erat,” tambah Rica.

Rica mengatakan, sebelumnya rasa peduli sesama mahasiswa asal Trenggalek yang berkuliah di UNAIR masih kurang. Namun, dengan terbentuknya TERAS, rasa kekeluargaan menjadi semakin meningkat.

“Anggota kami kini semakin kompak dan akrab,” tambahnya.

Tak hanya sebagai sarana berkomunikasi dan berkumpul saja, TERAS juga menjalankan beberapa program seperti pengabdian masyarakat serta ikut berkontribusi pada festival budaya yang diadakan oleh Universitas Airlangga. Setiap tahun, lanjut Rica, TERAS selalu mengadakan penyambutan atau Welcoming Party bagi siswa asal Trenggalek yang diterima di UNAIR.

Rica menuturkan, dengan adanya TERAS mahasiswa asal Trenggalek dapat menjalin komunikasi dengan teman sesama daerah asal, serta bisa lebih berkontribusi dalam kegiatan yang diadakan oleh universitas. Selain itu, komunitas ini juga menjadi wadah pertukaran ide dan  gagasan gerakan di daerah asal sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi.

Rencananya, TERAS akan berkolaborasi dengan Ormada lain di Trenggalek untuk melakukan kompetisi antar siswa SMA. Tak hanya itu, ormada ini juga akan melanjutkan kembali program pengabdian masyarakat yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

“Harapan saya ke depan TERAS semakin kompak terus dan dapat menjalankan kompetisi try out SBMPTN bagi siswa SMA di Trenggalek,” tutupnya. (*)

 

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).