Mengenal Lebih Dekat Isagalam, Organisasi Mahasiswa UNAIR dari Lampung

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Adanya suatu organisasi atau komunitas dibutuhkan untuk mempererat hubungan antar anggotanya serta mencapai tujuan bersama. Salah satunya adalah organisasi mahasiswa daerah (Ormada) Ikatan Ksatria Airlangga Lampung (Isagalam). Karena belum adanya organisasi mahasiswa Lampung  yang berkuliah di Universitas Airlangga, Isagalam akhirnya dibentuk pada 9 September 2018.

Suarma Nandika, ketua Isagalam, menuturkan bahwa tujuan dibentuknya Isagalam ialah guna merangkul serta menjadi keluarga bagi mahasiswa asal Lampung yang berkuliah di UNAIR. Selain itu, keberadaan Isagalam menjadi wadah komunikasi mahasiswa asal Lampung.

”Adanya Isagalam menjadi angin segar bagi mahasiswa UNAIR asal Lampung yang selama ini kebingungan mencari teman se-kampung halaman,” ujar mahasiswa Sosiologi 2018 UNAIR tersebut.

Suarma menyatakan, Isagalam memiliki beberapa program rutinan. Di antaranya, ngupi pay, yaitu forum berbagi setiap dua minggu sekali. Ketika liburan, Isagalam melaksanakan program Isagalam Mulang Pekon dengan memberikan pengenalan UNAIR kepada para siswa SMA se-Lampung. Bukan hanya itu, saat bencana tsunami akhir tahun 2018 di Lampung, Isagalam juga mengadakan Isagalam Peduli dengan membuka donasi untuk para korban tsunami.

”Kami juga ikut mendirikan dapur umum bersama dengan ormada Lampung lainnya,” tambahnya.

Saat ini jumlah anggota Isagalam yang aktif sebanyak 20 mahasiswa. Suarma menuturkan, cara menjaring anggota Isagalam adalah dengan membagikan informasi ke grup-grup mahasiswa serta dari mulut ke mulut. Sebagai antisipasi awal, lanjut Suarma, Isagalam juga dikenalkan kepada siswa SMA di Lampung.

”Kami juga mendata di setiap fakultas agar semua mahasiswa asal Lampung terangkul,” tambahnya.

Dibentuknya Isagalam, lanjut Suarma, sangat penting mengingat komunikasi antar mahasiswa Lampung sangat dibutuhkan. Adanya ikatan antar mahasiswa Lampung dapat mempermudah komunikasi serta dapat memberikan dampak positif bagi Lampung maupun UNAIR.

Ke depan, Isagalam terus mengabdi, baik untuk UNAIR maupun untuk Lampung.  Suarma juga berharap agar Isagalam dapat menjadi ormada yang dimiliki serta menjadi rumah bagi mahasiswa UNAIR asal Lampung seluruhnya. (*)

 

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).