Debat Pilpres Perdana, Pakar UNAIR: Debat Harus Efektif

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Tirto
Ilustrasi oleh Tirto id

UNAIR NEWS – Debat perdana untuk Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2019 – 2024 bakal dimulai nanti malam, Kamis (17/1). Mengenai hal itu, pakar komunikasi politik Universitas Airlangga Dr. Suko Widodo. Drs, M.Si, yang juga ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH), berpendapat bahwa debat adalah pertukaran pendapat mengenai topik tertentu dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing masing.

Untuk itu, kepada UNAIR NEWS, Suko menegaskan bahwa ada catatan tentang prinsip efektif debat, diantaranya pertanyaan hendaknya disampaikan dengan jelas. Publik, jelasnya, secara umum tidak bisa menerima kalimat yang menghina, merendahkan, atau komentar yang menyerang pribadi.

“Ketrampilan beretorika, termasuk pemilihan kalimat sangat menentukan reputasi kapabilitas penampilan berdebat. Selain itu berfokus pada topik, akan meneguhkan kualitas kandidat,” jelasnya.

Kedua kandidat, lanjut Suko, harus lihai dalam menggunakan kalimat. Pasalnya, kalimat yang disampaikan secara logis akan diterima oleh publik. Bahkan, bukti yang sahih juga akan meningkatkan mutu pesan yang dibangun peserta debat.

“Siapa yang bisa menyampaikan dengan logika baik, disertai bukti sahih dan disampaikan dengan pilihan bahasa yang akurat serta intonasi yang indah akan menarik simpati,” terangnya.

Pada akhir, Suko berpesan bahwa hal penting untuk peserta debat adalah kuasai topik, percaya diri, jangan gugup dan kendalikan emosi.

Selamat menyaksikan debat kandidat Presiden RI. Tetap Rukun dan Damai !

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu