5 Kiat Merawat Buku untuk Para Pecinta Buku

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sumber gambar: http://jogja.tribunnews.com

UNAIR NEWS – Memang benar adanya bila buku diibaratkan sebagai jembatan ilmu dan sahabat abadi. Tidak ada yang dapat menampik kebutuhan manusia pada buku. Setiap jenis buku memiliki informasi yang patut diserap, entah novel, cerita bergambar, ensikopledia, biografi, antologi dan lain-lain.

Itulah sebabnya mengapa buku tak pernah bicara namun mampu menutup mulut rapat para manusia di muka bumi. Karena buku memberi informasi secara tepat dan akurat. Namun tetap saja hal itu tergantung pada pemilihan buku yang dibaca.

Sebagai pecinta buku, banyak orang rela menghabiskan uang untuk membeli buku favorit mereka. Akibatnya, rumah mereka bisa saja penuh dengan tumpukan buku bak perpustakaan. Melihat hal itu, para pecandu buku wajib hukumnya untuk merawat buku mereka. Sehingga buku sebagai harta paling berharga bisa terjaga hingga jangka waktu lama, bahkan dapat diturunkan kepada anak-cucu nanti.

Berikut terdapat tips-tips jitu menjaga buku kesayangan supaya tetap awet:

  1. Simpan buku di tempat khusus

Sebaiknya belilah rak atau lemari buku. Bila minim uang, pinjam rak milik tetangga atau teman yang tak terpakai. Karena bila tidak disediakan tempat bisa dipastikan buku akan tercecer dan berpeluang besar untuk rusak.

Pastikan meletakkan rak di tempat terang karena serangga suka membuat sarang di tempat yang minim penerangan. Letakkan rak di tempat yang mudah dijangkau agar mudah dibersihkan. Pastikan pula rak memiliki jalur sirkulasi udara yang lancar agar jamur tidak berkembng biak.

2. Berikan buku perhatian ekstra

Sampullah buku menggunakan plastik tebal dan tidak lengket. Hal yang patut diperhatikan dalam menyampul buku ialah sampul buku menggunakan plastik bening agar cover buku tetap terlihat. Sehingga, bila ingin membaca buku kembali, tidak perlu kesusahan mencarinya. Juga jangan terlalu ketat dalam menyampul buku untuk mengantisipasi cover buku terlipat saat dibuka.

3. Jangan lipat lembaran buku

Gunakan pembatas rak buku dan pembatas buku. Pembatas rak buku berfungsi supaya buku tetap kokoh berdiri dan tidak mudah jatuh. Sedangkan pembatas buku penting sebagai penanda halaman buku yang sudah dibaca.

4. Tertib mengecek ulang buku

Bila terdapat teman yang meminjam buku, usahakan mencatat setiap buku yang dipinjam. Perlu juga untuk membuat perjanjian supaya buku dikembalikan dalam keadaan utuh dan tidak hilang. Cek rak buku secara berkala apakah terjaga kebersihannya, bersihkan rak bila kotor dan berdebu.

5. Jangan membajak buku

Selain melanggar hak cipta, bila buku sering di-foto copy, jilidan buku berpotensi besar untuk rusak. (*)

Penulis: Tunjung Senja Widuri

Editor: Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu