Siti Nur Seha dan Rino Saputra menjadi juara I FIFGROUP Youth Innovation 2019. (Foto: Istimewa)
Siti Nur Seha dan Rino Saputra menjadi juara I FIFGROUP Youth Innovation 2019. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Catatan prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh delegasi Universitas Airlangga. Ialah Siti Nur Seha alumnus Fisika 2014 dan Rino Saputra mahasiswa Akuntansi 2016 yang tergabung dalam Tim Farmastra dinyatakan sebagai juara pertama FIFGROUP Youth Innovation (FYI) yang diselenggarakan oleh perusahaan pembiayaan FIFGROUP. Acara awarding dilaksanakan di BSD, Tangerang pada Kamis (10/1).

Tim Farmastra keluar sebagai pemenang setelah menyisihkan 111 peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Atas kemenangan tersebut, keduanya berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 15 juta.

Dalam karya inovasinya, Siti dan Rino mengangkat ide pembiayaan untuk petani cabai Probolinggo. Pembiayaan meliputi pembuatan shelter, pembenihan, pembenihan benih bermutu, serta pembelian pupuk anti pestisida untuk meningkatkan produktifitas hingga angka panen mencapai 30.000 ton/tahun.

Dilansir dari fin.co.id, ajang ini merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh PT Federal International Finance yang telah memasuki tahun ketiga. FIFGROUP memberikan apresiasi berupa dana bantuan beasiswa pendidikan kepada peserta. Hal tersebut sebagai upaya FIFGROUP memberikan penghargaan karya ide bisnis yang telah dibuat oleh mahasiswa.

Kompetisi FYI sekaligus melihat adanya voice of customer melalui ide-ide kreatif yang tidak hanya muncul dari faktor internal melainkan juga insight bermanfaat secara eksternal .

Dalam prosesnya, FIFGROUP berhasil menerima 111 pendaftar dari 13 perguruan tinggi. Dari total pendaftar, hanya 15 tim dinyatakan lolos tahap screening. Proses selanjutnya adalah pelaksanaan business project simulation yang berlangsung di kantor cabang FIFGROUP. Pada tahap ini para peserta berkesempatan untuk mendapat bimbingan dan berbagai insight untuk kelengkapan data serta pemahaman mengenai metodologi yang lebih mendalam.

Tahap selanjutnya adalah video conference yang mempertemukan peserta dengan jajaran Direksi FIFGROUP untuk mempresentasikan ide bisnis mereka. Dari tahap tersebut, terpilih 5 tim yang dinyatakan sebagai pemenang. Para pemenang berhak untuk mengikuti rekrutmen dan pembekalan persiapan karir yang difasilitasi oleh FIFGROUP.

Penulis: Zanna Afia Deswari

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone