Mau Berangkat ke Luar Negeri, Ketahui Apa yang Harus Disiapkan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu nama maskapai yang bagus dalam penerbangan. (Foto: Hilmi Putra Pradana)

UNAIR NEWS – Merasakan kehidupan di negeri orang ialah salah satu pengalaman yang harus dicoba oleh mahasiswa semasa kuliah. Berbagai tujuan yang menyertai, baik outbound, exchange, lomba, atau mengisi liburan tentu berbeda-beda.

Yang harus diingat ketika pergi ke luar negeri adalah negara lain tidak sama dengan negara sendiri. Mulai dari mata uang, cara berpakaian, cuaca, hingga bahasa. Bahkan sebelum berangkat pasti juga membutuhkan persiapan. Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang harus disiapkan sebelum ke luar negeri.

 

Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Jangan pernah tunda pembelian tiket pesawat ketika tanggal keberangkatan sudah pasti dan sudah menentukan maskapai yang akan digunakan. Penundaan pembelian tiket berakibat semakin sedikit seat yang kosong dan harga dapat melambung lebih tinggi.

Dalam pemilihan maskapai tidak sembarangan. Perlu memperhatikan fasilitas yang disediakan, seperti besaran jarak antar seat serta makanan dan minuman yang didapatkan. Memperhatikan berapa kali penumpang harus berpindah pesawat dan lama transit, juga menjadi pertimbangan tersendiri. Karena bisa jadi jarak tempuh hanya 6 jam tetapi menjadi 12 jam atau lebih karena menunggu transit ke pesawat berikutnya yang cukup lama.


Ketahui Musim Negara Tujuan

Mengetahui musim yang ada di negara tujuan patut diperhatikan. Pasalnya kondisi cuaca pada setiap musim pasti berbeda. Hal tersebut juga akan mempengaruhi barang bawaan yang dipersiapkan, tak terkecuali pakaian.

Dengan Indonesia yang memiliki 2 musim saja kadang tidak sadar bahwa di negara lain sedang menghadapi musim dingin. Sehingga ketika akan pergi ke sana membawa jaket tebal dan pakaian penghangat lainnya tidak boleh dilupakan. Tak bagus juga ketika di negara tujuan sedang musim panas tapi barang bawaan terisi oleh pakaian tebal semua. Oleh karenanya, mengetahui musim itu diperlukan.

 

Tukarkan Rupiah atau Siapkan ATM

Ketika ada di luar negeri, secara otomatis uang rupiah tidak berlaku. Sehingga membutuhkan uang dalam mata uang negara yang dituju. Memilih antara menukarkan rupiah cukup banyak diawal atau mengandalkan mengambil uang di ATM saat berada di sana dapat dijadikan pilihan.

Jangan sampai terjadi tidak menukarkan rupiah sama sekali dan juga tidak memperhatikan jenis ATM yang dibawa. Apakah bisa menarik uang di luar negeri serta berapa biaya administrasi yang dibutuhkan saat transaksi. Kedua hal tersebut patut menjadi perhatian. Yang pasti jangan sampai di negara tujuan bingung karena tidak punya uang dan tidak tau mau menukarkan dimana.

Sudah tahu kan, apa yang harus dipersiapkan? Jangan sampai pengalaman yang indah malah menjadi bencana. Tetap semangat!!

Penulis : Hilmi Putra Pradana

Editor : Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu