Kunjungi PSDKU Kembali, BEM UNAIR Dorong Mahasiswa Jadi Pemimpin Perubahan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
FOTO BERSAMA: BEM UNAIR bersama pengurus ormawa di PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Demi menjaga tali silaturahmi dan membimbing saudara beda tempat belajar, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga berkunjung ke PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Kunjungan ini adalah yang kedua kalinya sebelumnya yang pertama dilaksanakan pada pertengahan tahun 2018.

Dijelaskan oleh ketua BEM UNAIR 2018 Galuh Teja Sakti bahwa meskipun telah memasuki masa libur semester genap, BEM UNAIR tetap berkunjung ke UNAIR Banyuwangi. Hal ini untuk memenuhi janji di awal yaitu berkunjung ke PSDKU dua kali dalam satu tahun.

“Kami meminta maaf sebelumnya, baru bisa berkunjung di masa liburan, karena kesibukan kami di Surabaya baik dalam hal mengurus perkuliahan maupun berorganisasi,” tuturnya.

Selain untuk berkunjung atau mempererat tali silaturahmi kepada organisasi mahasiswa (ormawa) di UNAIR Banyuwangi, kunjungan kedua BEM UNAIR di pengujung tahun 2018 tersebut juga bertujuan untuk memonitoring seluruh kegiatan ormawa di UNAIR Banyuwangi, baik yang sudah terlaksana maupun yang akan terlaksana.

“Jadi, tadi saya mengusulkan untuk membahas grand design setiap Ormawa yang hadir. Berhubung ormawa di sini juga baru sertijab semua, oleh karena itu kami dari BEM UNAIR akan memberikan masukan jika diperlukan untuk membangun kepengurusan mereka satu tahun ke depan,” imbuh mahasiswa yang sering disapa Teja tersebut.

“Mahasiswa UNAIR  bukan lagi hanya sekedar Agent of Change tetapi we are leader of change,” Pungkas Teja.

Sementara itu, Melan Argarini wakil ketua Keluarga Mahasiswa PSDKU UNAIR Banyuwangi periode 2019 mengatakan, sebenarnya pihak KM sempat pesimis terhadap kunjungan kedua BEM UNAIR yang dilaksanakan pada masa liburan tersebut, karena kemungkinan yang hadir dari perwakilan ormawa akan sedikit.

“Awalnya kami pesimis yang hadir akan sedikit. Tetapi dari Mas Teja sendiri tetap ingin sekali berkunjung. Akhirnya kami kabulkan keinginan itu. Karena jika dipikir-pikir lagi, mayoritas mahasiswa UNAIR Banyuwangi ya penduduk asli Banyuwangi, sehingga kami tidak terlalu khawatir,” ujarnya.

Kegiatan kunjungan BEM UNAIR yang dilaksanakan di kampus Sobo PSDKU UNAIR Banyuwangi tersebut dirancang untuk saling bertukar pikiran antara BEM UNAIR dengan ormawa di UNAIR Banyuwangi, seperti KM, HIMA (himpunan mahasiswa), BSO (badan semi otonom), dan komikat komunitas minat dan bakat).

Wakil ketua KM juga menjelaskan, bahwa ormawa di UNAIR Banyuwangi dapat memetik ilmu dan meniru dari BEM UNAIR, seperti hubungan pengurus internal yang kuat dan sejalan, perbanyak relasi dengan internal maupun eksternal kampus, serta harus mampu untuk menjalin komunikasi yang baik antar ormawa dan juga pada pimpinan.

“Karena BEM UNAIR saya rasa lebih berpengalaman, jadi kami dari UNAIR Banyuwangi merasa pantas untuk meniru mereka. Mereka juga berpesan bahwa tolok ukur keberhasilan suatu organisasi terdapat pada program kerja yang dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh waga kampus,” jelas Melan.

BEM UNAIR yang diwakilkan oleh ketua juga berpesan agar hubungan antara BEM UNAIR dengan civitas akademika PSDKU UNAIR Banyuwangi tetap tarjalin baik, serta diharapkan ormawa di UNAIR Banyuwangi mampu untuk mengawal kegiatan positif, tidak terjadi kegiatan-kegiatan yang bersifat radikalisme, intoleransi, dan lain sebagainya. (*)

Penulis : Bastian Ragas

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).