Kenalkan Nih, Fasilitas Bus VIP UNAIR Terbaru

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
UNAIR kedatangan satu unit bus VIP baru di halaman Gedung Rektorat Kampus C UNAIR pada Kamis (20/11), didatangkan dari Karoseri Adi Putro Malang. (Foto: Feri Fenoria)
UNAIR kedatangan satu unit bus VIP baru di halaman Gedung Rektorat Kampus C UNAIR pada Kamis (20/11), didatangkan dari Karoseri Adi Putro Malang. (Foto: Feri Fenoria)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga Surabaya punya satu lagi sarana dan prasarana transportasi terbaru. Sesudah punya koleksi enam bus operasional mahasiswa, UNAIR kedatangan satu unit bus VIP. Bus dengan chasis Mercedes-Benz itu tiba di halaman Gedung Rektorat Kampus C UNAIR pada Kamis (20/11), didatangkan dari Karoseri Adi Putro Malang.

Bus tersebut terbilang istimewa di kelasnya. Menurut Eldhian Tumbelaka, product expert dari Mercedes-Benz, bus UNAIR dirangkai dari chasis Mercedes Benz OF 917.

Spesifikasi mesinnya adalah Engine 4D34i, Euro 3 Turbo Charged and Intercooled dengan 3,9 liter diesel dan 4 segaris Engine Management. Bus VIP UNAIR itu mempunyai daya maksimal 170 horse power dengan torsi maksimal 520 Nm @1.500 rpm.

”Bus ini punya kecepatan maksimal 110 kilometer per jam. Kapasitasnya 6.400 kg,” ujar Eldhian.

Eldhian menambahkan, transmisinya menggunakan manual dengan melihat durability dan medan serta maintenance ke depan. Bus akan terasa halus dari medan yang tidak rata. Sebab, sudah menggunakan suspensi Parabolic springs di sisi depan dan belakang dengan dua peredam kejut yang disertai double acting, stabilser.

Berdasar pantauan tim UNAIR NEWS di lokasi, bus tersebut langsung disambut Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA. Rektor bersama rombongan, termasuk Wakil Rektor II UNAIR Muhammad Madyan, serta Direktur Sarana Prasarana dan Lingkungan Karnaji S.Sos., M.Si., juga melakukan uji coba mengitari kawasan dalam kampus C. Pengecekan bertujuan memastikan bus yang diterima berada dalam kondisi yang baik.

Karnaji menyatakan, bus VIP itu akan dioperasikan secepatnya. Bahkan sangat mungki pada Januari 2019. Tepatnya dipakai rombongan untuk acara rapat pimpinan ke Batu. UNAIR, lanjut dia, sengaja memilih Mercedes-Benz karena punya spesifikasi yang terbaik.

”Kalau ada tamu VIP, kami akan pakai bus ini,” ujar Karnaji.

Namun, bus tersebut sementara akan kembali ke karoseri untuk melengkapi kekurangan sarana pendukung. Di antaranya karpet, hand holder kursi, dan penyempurnaan stiker body bus.

Tahun 2017, UNAIR memang sudah merencanakan pengadaan kendaraan. Satu unit bus VIP dan 3 unit flash bus. Namun, karena Unair mendapatkan sumbangan bus 2 unit, akhirnya pada 2018 pengadaan bus hanya 1 unit untuk VIP. Sementara, dua bus bantuan akan diterima pada 2019. Untuk menambah kekurangan, dua unit elf dengan 17 kursi akan dianggarkan pada 2019. (*)

 

Penulis: Andri Hariyanto

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).