Peserta tari dalam event ASEAN (Airlangga Seni dan Budaya) yang berlangsung pada Jumat (23/11) (Foto: Panitia).
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Dalam rangka mempertahankan warisan budaya lokal, departemen seni dan olahraga Keluarga Mahasiswa (KM) PSDKU UNAIR di Banyuwangi menyelenggarakan kegiatan ASEAN (Airlangga Seni dan Budaya). Kegiatan ini ditujukan bagi pemuda-pemudi di Banyuwangi pada Jumat (23/11) bertempat di Aula Serbaguna Gedung Kampus Sobo PSDKU UNAIR di Banyuwangi.

A.A Gde Satia Utama, sekretaris koordinator PSDKU UNAIR di Banyuwang menuturkan, bentuk aktualisasi diri generasi muda seharusnya tidak hanya stagnan dibidang akademik saja. Bidang non akademik seperti seni dan budaya merupakan sisi lain yang penting untuk diperhatikan.

“Terkadang orang tua cenderung mengarahkan anaknya untuk berprestasi dibidang akademik saja tanpa melihat sisi lain (non akademis, Red) yang mungkin lebih potensial,” lanjutnya.

Rangkaian kegiatan ASEAN meliputi lomba fotografi dengan tema ‘Magestic of Banyuwangi’ untuk umum, lomba menggambar dengan tema ‘barong’ bagi siswa PAUD dan TK, lomba menggambar dan mewarnai dengan tema ‘seblang’ bagi siswa SD kelas 2.

Dibidang budaya ada kompetisi tari dengan tema ‘Tari Kreasi Banyuwangi’ untuk peserta umum. Selain itu, terdapat kompetisi menyanyi lagu Osing karaoke untuk peserta umum dengan batasan usia 15-22 tahun.

“Menyelenggarakan event seni dan budaya merupakan langkah yang berani bagi organisasi KM dan patut diapresiasi,” laki-laki yang akrab disapa Agung tersebut.

Sementara itu, Lilik K. Romadhoni ketua pelaksana kegiatan menjelaskan, ASEAN merupakan event kreasi di bidang seni dan budaya yang diselenggarakan oleh KM PSDKU UNAIR di Banyuwangi.

“Kami berharap, ASEAN dapat menjadi wadah untuk mengapresiasi generasi muda yang berbakat dalam bidang seni budaya,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Lilik itu.

“Melalui ASEAN, kami berupaya menggali sisi kecintaan generasi muda di Banyuwangi terhadap budaya daerah,” tambahnya.

ASEAN berhasil menjaring peserta dari beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Peserta kegiatan sangat antusias. Usai acara, diumumkan para pemenang dan diberikan sejumlah hadiah dan tropi. (*)

Penulis : Siti Mufaidah

Editor : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone