Pimred Beritajatim.com – Alumni UNAIR, Berikan Tips Pengelolaan Media pada Mahasiswa

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Luki Pimpinan Redaksi Beritajatim.com saat memberikan materi kepada mahasiswa. (Foto: Istimewa)
Luki Pimpinan Redaksi Beritajatim.com saat memberikan materi kepada mahasiswa. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Sebagai salah satu kampus besar dengan lulusan yang memiliki berporfesi beragam. Universitas Airlangga terus melibatkan peran serta alumni untuk turut bersama membangun almamater. Kali ini, Dwi Eko Lokononto selaku Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi Beritajatim.com memberikan materi seputar media kepada mahasiswa UNAIR yang tergabung dalam Student Journalism (24/11).

Bertempat di Hotel Swiss-Bellin Surabaya, Luki sapaan akrabnya menjelaskan banyak hal seputar “Dunia Digital Tantangan dan Peluang UNAIR: WIS WAYAHE”. Menurutnya, UNAIR sebagai kampus besar memang sudah sangat tepat untuk mengoptimalkan peran media. Utamanya, peran mahasiswa untuk terus mendorong peranan media yang dimiliki oleh UNAIR.

Tidak hanya itu, sebagai pembuka, Luki  memberikan paparan mengenai kondisi populasi penduduk Indonesia dengan peran media. Menurutnya, tingginya pengguna media di Indonesia memungkinkan lahirnya banyak informasi yang diterima sewaktu-waktu.

“Dengan banjir arus informasi, kita akan menjumpai fenomena bahwa media sosial sangat dominan, hoax dan ujaran kebencian merajalela, lahirnya Post Truth, kebangkitan polulisme, dan bangkitnya kesadaran untuk perang lawan hoax dan ujaran kebencian,” jelasnya. “Untuk itu juga dibutuhkan pentingnya media kredibel,” imbuhnya.

Selanjutnya, Luki juga memaparkan mengenai perbedaan media sosial dan pers. Menurutnya, keduanya memiliki ranah dan sasaran serta karakter yang berbeda. Luki juga menegaskan bahwa informasi yang tersebar di media sosial bukan produk jurnalistik.

“Bahkan saat ada sengketa, penanganan keduanya juga beda. Di pers, sengketa akan ditangani dewan pers. Sedangkan di media sosial sengketa akan ditangani oleh pihak kepolisian,” tandasnya.

Mengenai peran UNAIR dalam dunia media, Luki menegaskan bahwa UNAIR wes wayahe. Hal itu senada dengan beberapa keunggulan yang sudah dimiliki oleh UNAIR. Selain nama besar dan alumni yang sudah sangat besar pula, Luki menilai bahwa UNAIR juga memiliki SDM yang berkualitas.

“Apalagi kita juga punya fasilitas dan mahasiswa yang hebat-hebat pula. Ini adalah modal kita semua,” pungkasnya.

Mengenai peran alumni yang dilibatkan dalam kegiatan kampus, Dr, Suko Widodo mengatakan bahwa ini adalah upaya untuk terus mengikat peran serta alumni agar turut membangun almamater dengan berbagai cara.

“Ini adalah upaya kita semua untuk turut membangun bersama almamater tercinta,” ungkapnya.

Penulis: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).