KOMISARIAT Ikatan Alumni (IKA) Pascasarjana Universitas Airlangga 2018 dilantik pada Sabtu (24/11) di Novotel Samator Hotel pada Sabtu (24/11). Asman Abnur terpilih menjadi ketuanya untuk periode lima tahun ke depan. (Foto: Istimewa)
KOMISARIAT Ikatan Alumni (IKA) Pascasarjana Universitas Airlangga 2018 dilantik pada Sabtu (24/11) di Novotel Samator Hotel pada Sabtu (24/11). Asman Abnur terpilih menjadi ketuanya untuk periode lima tahun ke depan. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook1Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur dilantik menjadi Ketua Komisariat Ikatan Alumni (IKA) Pascasarjana Universitas Airlangga 2018. Pelantikan tersebut digelar dalam acara Temu Alumni Pascasarjana 2018 di Novotel Samator Hotel pada Sabtu (24/11).

Kegiatan Temu Alumni tersebut menghadirkan total 250 alumni Sekolah Pascasarjana UNAIR dari berbagai angkatan. Tepatnya mulai angkatan 1998 sampai angakatan terbaru 2018. Selain menjadi ajang silaturahmi, kegiatan tersebut menjadi media diskusi soal program-program prioritas organisasi ke depan.

Sementara itu, Prof Anwar selaku wakil direktur I Sekolah Pascasarjana UNAIR membenarkan bahwa Asman Abnur dilantik menjadi ketua IKA Pascasarjana UNAIR. Asman Abnur dilantik oleh Ketua IKA UNAIR Drs. Ec. Haryanto Basoeni bersama dengan total 27 pengurus IKA Pascasarjana UNAIR yang lain.

”Jadi, hari ini ada Temu Alumni sekaligus pelantikan Komisariat Ikatan Alumni (IKA) Pascasarjana Universitas Airlangga 2018 di Novotel Samator Hotel Surabaya,” ujarnya saat dihubungi UNAIR NEWS melalui jaringan seluler.

”Pak Asman Abdur terpilih menjadi ketuanya,” imbuhnya.

Atas pelantikan tersebut, Asman akan memimpin IKA Pascasarjana UNAIR selama lima tahun ke depan, yakni mulai tahun 2018 sampai tahun 2022. Prof Anwar menyebut, sampai dengan saat ini, alumni Sekolah Pascasarjana UNAIR mencapai 5.600 lulusan yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Sementara itu, terkait dengan fokus program ke depan, Prof Anwar menyampaikan bahwa ke depan IKA Pascasarjana fokus pada pengenalan dan memperkuat nama Sekolah Pascarjana UNAIR. Upaya tersebut dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menyasar masyarakat langsung. Salah satunya adalah pengabdian masyarakat.

”Program ke depan lebih fokus pada pengenalan nama Sekolah Pascasarjana UNAIR,” ucap Prof Anwar seperti mengutip pernyataan Asman Abnur dalam pidatonya.

Prof Anwar menambahkan, ada dua desa binaan IKA Pascasarjana di wilayah Lamongan dan Gresik. Desa binaan tersebut difokuskan pada upaya membangun kemandirian desa-desa tersebut dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

”Di salah satu desa, masyarakat di sana diajari membuat produk olahan ikan,” katanya.

Prof Anwar menyebutkan bahwa ke depan pengabdian masyarakat IKA akan difokuskan pada daerah di lingkungan terdekat, Surabaya. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan bakal digelar pengabdian masyarakat di luar Jawa.

”Ada rencana akan menggelar kegiatan di daerah Batam,” katanya.

Perlu diketahui, Asman Abnur merupakan alumnus S3 Ilmu Ekonomi Islam Sekolah Pascasarjana UNAIR pada tahun 2004. Sejumlah jabatan publik pernah diduduki lelaki yang lahir pada 2 Maret 1961 di Padang Pariaman, Sumatera Barat, itu. Yang terdekat, Asman menjabat menteri PAN-RB dalam Kabinet Kerja Jokowi pada 2016-2018. Sebelumnya, dia sempat menjabat ketua komisi X dan ketua Panitia Kerja (Panja) BUMN. (*)

 

Penulis: Feri Fenoria

ShareShare on Facebook1Tweet about this on Twitter0Email this to someone