Gandeng Mahasiswa IIP, UNAIR Kembali Hadirkan Airlangga Book Sale

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pengunjung Airlangga Book Sale tengah melihat koleksi buku di Airlangga Convention Center Kampus C UNAIR. (Foto: Zanna Afia Deswari)

UNAIR NEWS – Memperingati Dies Natalis Universitas Airlangga ke-64, mahasiswa program studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan (IIP) kembali menyelenggarakan Airlangga Book Sale (ABS). Bazar buku terbesar di UNAIR tersebut digelar pada 13 hingga 18 November mendatang.

Bertempat di gedung Airlangga Convention Centre, ABS tak hanya menawarkan koleksi buku dengan diskon 60-80%, melainkan juga alat tulis kantor, mainan anak-anak, stan kuliner, hingga panggung hiburan.

ABS dibuka pada Selasa (13/11) oleh Diah Arini Arimbi selaku Ketua Dies Natalis UNAIR dan perwakilan dosen IIP. Bukan hanya itu, acara pembukaan juga dimeriahkan oleh penampilan angklung dari Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya, tari kontemporer, dan musikalisasi puisi oleh perwakilan mahasiswa IIP.

Alvin Ilham, selaku Ketua Pelaksana ABS mengatakan, tahun ini ABS mengangkat tema Heroes: Historical Literacy in Surabaya. Hal tersebut dapat dilihat dari rangkaian acara ABS yang kental dengan hal-hal kepahlawanan, mulai dari dekorasi hingga tema lomba mewarnai yang diperuntukkan bagi anak-anak. Menurut dia, hal tersebut juga sebagai momentum perayaan Dies Natalis UNAIR yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Sedikit berbeda dengan ABS tahun lalu, Alvin menyebutkan terdapat beberapa inovasi baru dalam kemasan ABS tahun ini.

“Semisal ada pojok pustaka, kita mengadakan road show di sekolah-sekolah, universitas lain, ada lomba mewarnai, dan malam puncak. Itu yang membedakan ABS tahun ini dengan tahun lalu,” sebutnya.

ABS juga menggandeng komunitas pecinta buku di Surabaya untuk turut meramaikan acara.  Di antaranya, perpustakaan keliling Prasojo yang dirintis oleh Ketua BEM Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Yunaz Karaman, dan Komunitas Sarasvati milik mahasiswa IIP.

“Dulu awal berdirinya ABS ini didirikan pada tahun 2016, yang disebabkan oleh ada keresahan dan ada peluang untuk melatih soft skill anak-anak IIP. Kemudian tercetuslah ide untuk membuat bazar buku murah yang digawangi oleh teman-teman IIP,” terang Alvin.

Lebih lanjut, Alvin menjelaskan, kegiatan semacam ini merupakan salah satu ajang untuk mahasiswa baru belajar soal dunia kampus, kepanitiaan, serta sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Ia pun  berharap supaya pelaksanaan ABS dapat kembali dilakasanakan tahun depan.

“Semoga untuk berikutnya dapat lebih baik dan istimewa, dapat menggandeng lebih banyak penerbit, dan dapat mengenalkan ABS ke seluruh masyarakat Surabaya,”

ABS akan ditutup dengan konser musik sebagai malam puncak pada Minggu (18/11) yang akan dimeriahkan oleh band-band indie, seperti, Lintenna, Wake Up Iris, Kiara Kelana, dan pentas seni mahasiswa IIP.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mampir ke lapak Airlangga Book Sale, dan dapatkan buku-buku berkualitas dengan harga terjangkau. (*)

Penulis : Zanna Afia Deswari

Editor: Binti Q. Masruroh

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu