Sesi Foto bersama Delegasi Program Office Management Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Kedah Malaysia dan D3 Administrasi Perkantoran UNAIR di Airlangga Hall Fakultas Vokasi. (Foto: Istimewa)
Sesi Foto bersama Delegasi Program Office Management Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Kedah Malaysia dan D3 Administrasi Perkantoran UNAIR di Airlangga Hall Fakultas Vokasi. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

NEWS UNAIR – Sebagai upaya mempercepat langkah menembus 500 top kampus kelas dunia, Universitas Airlangga terus melakukan kerja sama antar perguruan tinggi kelas dunia. Menyoal kerjasama tersebut, UNAIR tengah memperkuat kerjasamanya dengan Universiti Teknologi MARA Cawangan Kedah Malaysia. Setelah sebelumnya sudah bekerjasama melalui visiting fellow untuk publikasi dan paper hasil workshop yang dipresentasikan pada International Conference beberapa waktu lalu. Upaya ini terus dilancarkan UNAIR melalui Fakultas Vokasi dengan dilakukannya studi banding ke beberapa program studi yang ada di Fakultas Vokasi UNAIR.

Kunjungan yang secara khusus dilakukan oleh Program Office Management Universiti Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Kedah Malaysia, kali ini menyasar program studi sejenis yaitu D3 Administrasi Perkantoran UNAIR. Dalam kunjungan yang berlangsung selama dua hari itu (6-7/11), banyak membahas kerja sama antar mahasiswa dan dosen.

Sri Endah Nurhidayati, Kepala Departemen Bisnis Fakultas Vokasi UNAIR menyebutkan, kerja sama itu nantinya akan mampu memperkuat silaturhami antar perguruan tinggi.

“Setiap tahun mahasiswa dan program studi pasti punya kompetisi, alangkah lebih baik jika dalam hal ini pesertanya bisa dari luar negeri, sebagai peserta tamu, begitu sebaliknya, jika di UiTM Malaysia ada kegiatan mahasiswa kami juga bisa mengirimkan delegasi kesana untuk outbound,” terangnya.

Selain internasionaliasi, menurut Sri Endah akan ada ilmu baru yang bisa diadopsi lalu diterapkan di Fakultas Vokasi UNAIR. Tambahnya, jika kerjasama yang dilakukan memiliki cakupan cukup luas, terlebih jika berbeda culture dan negara seperti itu.

Dalam kunjungan balasan ini, UiTM Malaysia dan Fakultas Vokasi UNAIR nantinya akan melakukan beberapa kerja sama meliputi staff inbound full time dan part time, kemudian akan ada staff outbound  full time dan part time, serta student inbound dan outbound part time dan full time.

Full time disini artinya program yang dilakukan lebih dari enam bulan, sedangkan part time programnya hanya berlangsung kurang dari satu bulan. Kami juga menawarkan yang ingin sit in ke kelas mata kuliah yang prodi mereka sejenis dalam kerjasama ini,” pungkasnya.

Penulis: Wiwik Yuni Eryanti Ningrum

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone