Praktik menyikat gigi di halaman MIN 1 Sobo Banyuwangi, Selasa (6/11). (Foto: Istimewa).
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Tingkatkan upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi siswa sekolah dasar, Himpunan Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat PSDKU UNAIR Banyuwangi mendorong mahasiswa baru menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat (pengmas). Pengmas diselenggarakan di MIN 1 Sobo Banyuwangi, Selasa (6/11).

Tak main-main, sejumlah 38 mahasiswa dikerahkan untuk mendampingi 109 siswa sekolah dasar belajar kesehatan gigi dan mulut. Tepatnya, berlokasi di MIN 1 Sobo Banyuwangi yang terdiri dari kelas 3A, 3B, dan 3C. Keseluruhan panitia adalah mahasiswa baru.

Pengmas itu meliputi pembinaan terkait kesehatan gigi. Serta, game yang terdiri dari praktik sikat gigi, kuda bisik, estafet karet, dan menyusun puzzle. Pengmas ini bertujuan agar mahasiswa baru lebih mengenal dan memahami cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik dan benar. Serta, dapat menjadi kebiasaan setiap harinya.

Sekarningtyas Rahardianti Putri salah satu panitia kegiatan mengatakan, kegiatan pengabdian ini menjadi kontribusi pertama bagi mahasiswa baru untuk masyarakat.

“Value atau esensi yang didapat dari kegiatan ini untuk maba sendiri adalah untuk meningkatkan kerja sama, mendekatkan diri kepada masyarakat, lebih mengenalkan tentang kesehatan gigi, dan dapat lebih peka terhadap kebutuhan mereka,” tutur Dewa Kinanti, ketua pelaksana kegiatan, menambahkan.

Kegiatan perdana ini berjalan sukses berkat kekompakan dan kerjasama dari mahasiswa baru FKM.

“Harapannya, usai acara ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi adik-adik dari MIN 1 Banyuwangi maupun bagi maba sendiri sebagai bentuk kontribusi aktif pada masyarakat,” pungkas Dewa. (*)

Penulis : Siti Mufaidah

Editor : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone