Bakti Sehat Airlangga 2018 Gelar Donor Darah Hingga Periksa Gigi Gratis

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KEGIATAN selama donor darah. (Foto: Istimewa)
KEGIATAN selama donor darah. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Bakti Sehat Airlangga (BSA) merupakan kegiatan tahunan yang diselanggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga. Kegiatan tersebut dibuka dengan pelaksanaan donor darah pada Kamis (1/11) hingga Senin (5/11) serta ditutup dengan cek kesehatan umum serta cek kesehatan gigi dan mulut pada Minggu (11/11).

Novia Ambar Larasati, mahasiswa pendidikan dokter gigi sekaligus ketua pelaksana kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa kegiatan donor darah dilakukan selama tiga hari di tiga kampus UNAIR. Yakni, Kampus C, B, dan A UNAIR.

”Kegiatan donor darah kali ini diikuti sekitar 150 peserta. Sebab, di setiap kampusnya, pendonor hanya dibatasi 50 hingga 60 peserta,” ungkap mahasiswa yang akrab dipanggil Ambar tersebut.

Menurut dia, kegiatan donor darah tersebut diikuti oleh seluruh civitas akademika UNAIR. Tidak hanya mahasiswa saja, namun juga oleh karyawan.

”Ketika kali pertama diadakan di Kampus C, kebanyakan peserta adalah karyawan,” ucapnya.

SALAH seoarang pendonor ketika mengikuti kegiatan Bakti Sosial Airlangga (BSA). (Foto: Istimewa)
SALAH seorang pendonor ketika mengikuti kegiatan Bakti Sehat Airlangga (BSA). (Foto: Istimewa)

Selain itu, lanjut Ambar, antusiasme peserta lumayan tinggi. Terlebih, ketika kali pertama diadakan di Kampus C, panitia harus menolak beberapa civitas UNAIR yang datang untuk donor darah. Sebab, kegiatan hari itu ditutup lebih awal oleh PMI. Selain karena sudah memenuhi kuota, Hal tersebut dilakukan karena menjaga darah tetap segar.

Kegiatan BSA akan ditutup pada Minggu (11/11) bertepatan dengan dilaksanakannya Minggu Ceria Diesnatalies Ke-64 UNAIR di Kampus C. Dalam penutupan tersebut, panita menyediakan pelayanan cek kesehatan secara gratis.

”Dalam cek kesehatan nanti, kami melayani cek gula darah, kolesterol, asam urat, serta cek kesehatan gigi dan mulut,” ucap Ambar.

Setelah kegiatan berlangsung, Ambar berharap tujuan dari diadakannya kegiatan BSA tersebut tercapai. Khususnya untuk lebih memperhatikan kesehatan. Juga, untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan berbagi terhadap sesama. (*)

 

Penulis: Galuh Mega Kurnia

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).