Tips Sukses Berwirausaha melalui Facebook Ads

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh techwyse
Ilustrasi oleh techwyse

UNAIR NEWS – Facebook Ads masih menjadi salah satu pilihan untuk membantu pengiklanan dalam memasarkan produk karena membutuhkan waktu yang singkat dan biaya yang terjangkau. Pengguna Facebook yang terus bertambah dari waktu ke waktu juga menjadikan Facebook Ads sebagai layanan digital marketing yang menjanjikan.

Muhammad Fairuzzuddin Zuhair selaku manajer marketing Vidogarment memberikan beberapa tips untuk bisabersaing di Facebook Ads. Sebelum memulaiusaha, seorang wirausahawan harus memahami terlebih dahulu kerangka bisnis yang akan dijalankan. Dengan memahami kerangka bisnis tersebut langkah yang akan diambil sesuai dengan kebutuhan. Seorang wirausahawan juga hendaknya memiliki strategi marketing plan yang terintegrasi dan matang sebelum terjun ke Facebook Ads.

Tips berikutnya ialah seorang wirausahawan harus belajar dari banyak sumber terpecaya. Dengan cara tersebut seorang wirausahawan akan bisa merumuskan bagaimana pola terbaik dalam berwirausaha melalui digital marketing.

“Sumber terpecaya bisa kita dapat dari orang yang sudah berpengalaman, buku, dan internet,” tambah wakil ketua BEM Universitas Airlangga 2018/2019 tersebut.

Seorang wirausahawan, tambahnya, hendaknya juga bisa memahami konsep keadaan pasar. Dengan begitu akan terlihat siapa saja yang sudah mengetahui produk yang akan dipasarkandan sudah beli, siapa yang sudah mengetahui dan belum membeli, serta siapa saja yang belum mengetahui.

“Tujuan dari analisis tersebut ialah mengarahkan tiga kondisi itu untuk menjadi langganan kita,” tambahnya.

Tips yang selanjutnya ialah tidak pernah takut untuk mencoba. Seorang wirausahawan harus berani mengambil risiko dalam usahanya serta harus mampu memahami proses yang terjadi, bukan hanya terfokus pada hasil saja.

Fairuz menambahkan ada beberapa masalah yang umum ditemui para pengguna Facebook Ads. Misalnya ialah salah target pasar. Untuk mensiasati kesalahan tersebut, Fairuz mengatakan harus memetakan terlebih dahulu karakteristik calon konsumen. Dengan begitu produk yang dijual akan tepat pada sasaran.

Selain itu, terdapat masalah lain seperti konten iklan yang belum maksimal. Hal itu akan berdampak pada kurangnya minat konsumen untuk memperhatikan iklan yang dipasang. Untuk mengatasinya, pengguna Facebook Ads harus membuat judul yang membuat konsumen tertarik. Narasi iklan juga membuat orang betah membaca. Serta gambar yang ditampilkan memaksa orang untuk lebih fokus.

“Dengan cara tersebut konsumen akan lebih tertarik untuk melihat iklan dan dapat melakukan tindakan sesuai keinginan kita,” pungkasnya.

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).