Mahasiswa program studi Kesehatan Kasyarakat PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi bermain sekaligus memberikan edukasi tentang gizi kepada anak-anak dan masyarakat yang berkunjung ke Taman Blambangan, Minggu (28/10). (Dok. Pribadi)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Terus memberikan kontribusi positif, mahasiswa program studi Kesehatan Kasyarakat PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi berikan edukasi gizi bertajuk B2SAH (Beragam, Bergizi, Seimbang, Sehat, dan Halal). Edukasi diberikan pada warga lansia, dan games bagi anak-anak yang berkunjung di Taman Blambangan, Banyuwangi, Minggu (28/10).

Kegiatan itu dipelopori oleh Divisi Human Resource and Development (HRD) dan Health Politic and Critical (HPC) himpunan mahasiswa prodi kesehatan masyarakat PSDKU UNAIR di Banyuwangi.

Erlin Qur’atul Aini koordinator biro HRD B-PHA UNAIR Banyuwangi mengungkapkan, kegiatan pengabdian ini merupakan serangkaian kegiatan lanjutan dari 3th Anniversary BPHA dimana kegiatan ini melibatkan volunteer dari masing-masing angkatan.

“Selain memberikan edukasi gizi, kami juga membagikan makanan gratis pada lansia yang berkunjung di Taman Blambangan berserta leaflet mengenai makanan yang beragam, bergizi, seimbang, sehat, dan halal,” ujar mahasiswa asal Banyuwangi itu.

Dalam games terbuka terdiri dari lompat katak -lompat pada kotak-kotak dengan bentuk menyerupai tugu-, dan lempar gelang pada botol. Pada setiap sesinya anak-anak diberikan pertanyaan kuis dan doorprize seputar pengetahuannya tentang gizi. Tujuannya, agar pengetahuan mereka tentang makanan bergizi bisa lebih luas.

“Kegiatan ini cukup menarik. Pasalnya, saya diberikan penjelasan mengenai makanan yang tetap aman untuk dikonsumsi bila mengalami keluhan penyakit tertentu. Dan beberapa mitos juga dijelaskan. Ada pula informasi mengenai perpaduan makanan yang apabila dikonsumsi justru membuat zat gizinya tidak bisa diserap tubuh. Misalnya meminum teh dengan susu,” ujar Luluk Indah, salah satu peserta yang berkunjung. (*)

Penulis : Siti Mufaidah

Editor : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone