Mahasiswa baru prodi Akuntansi PSDKU UNAIR Banyuwangi memberikan sosialisasi pemanfaatan buah pepaya kepada kelompok tani Desa Macanputih, Minggu (28/10). (Dok. Pribadi)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Mahasiswa baru prodi Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi melakukan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi pemanfaatan buah pepaya. Sosialisasi itu diberikan kepada petani di Desa Macanputih Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi, Minggu (28/10).

Pengmas bertajuk FORZA yang telah berlangsung sejak pertengahan September lalu dipopulerkan oleh Divisi Kominfo (Komunikasi dan Informatisi) himpunan mahasiswa Akuntansi (HMA).

Ketua HMA Sulistyo Primadani mengungkapkan, pengmas ini dilakukan sebagai bentuk lanjutan dari kaderisasi mahasiswa baru. Tujuannya, untuk memupuk kepedulian sekaligus memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Kami berhasil menyasar 30 petani di lingkungan Desa Macanputih yang terbagi menjadi 10 kelompok tani. Mereka tersebar di seluruh kawasan Desa Macanputih,” ujar Fathan Taufiq, ketua pengmas yang merupakan mahasiswa baru prodi Akuntansi PSDKU UNAIR Banyuwangi.

Rangkaian acara pengabdian masyarakat dimulai sejak pagi hingga sore hari mulai dari pemberian materi, games, dan praktik pembuatan olahan dari papaya.

“Kami menjelaskan pada kelompok tani mengenai pemanfaatan buah pepaya. Bijinya dapat dijadikan sebagai kopi dan daging buahnya digunakan untuk selai isian roti. Dan banyak inovasi olahan pepaya lainnya. Produk tersebut kami beri nama Oppay, tujuannya untuk branding,” lanjut Fathan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dari mahasiswa baru angkatan 2018. Melalui kegiatan ini Fathan berharap, produk Oppay bisa menjadi makanan khas olahan masyarakat Desa Macanputih. Sehingga, dapat memacu peningkatan perekonomian masyarakat di sana. (*)

Penulis : Siti Mufaidah

Editor : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone