Ilustrasi oleh Tribun Jatim
Ilustrasi oleh Tribun Jatim
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

Sumpah Pemuda merupakan pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa, dan menjunjung bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia.

Sumpah pemuda ditetapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 berdasarkan hasil rumusan dari Kongres Pemuda II yang digagas oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Pada Acara Kongres Pemuda II, Moehammad Yamin menguraikan tentang arti dari hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Hari ini tanggal 28 Oktober kembali diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda ke 90. Sebuah momen untuk membangkitkan semangat dan optimisme pemuda untuk memajukan Indonesia.

Peran pemuda jika menelisik faktor dalam memperkuat persatuan Indonesia menurut Moehammad Yamin saat ini dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti:

Sejarah

Pemuda harus paham sejarah berdirinya Bangsa Indonesia. Pengetahuan mengenai sejarah di Indonesia bisa didapat dari mana saja, baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Dalam pendidikan formal di Indonesia, pengetahuan sejarah sayangnya belum menjadi pendidikan utama sehingga para pelajar sangat kurang dalam mendapat pengetahuan sejarah tentang Indonesia. Pada pendidikan non formal, seringkali pendidikan sejarah dijumpai pada komunitas-komunitas kebudayaan dimana para pemuda yang benar-benar tertarik untuk mempelajari sejarah lah mau bergabung kedalam komunitas kebudayaan. Memang rasa prihatinmuncul ketika melihat pendidikan sejarah di Indonesia, padahal di negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika menempatkan pendidikan sejarah termasuk kedalam materi utama yang disampaikan dalam pendidikan formal dan non formal yang bertujuan untuk menginformasikan proses berdirinya negaranya. Oleh karena itu, wajib kiranya bagi para pemuda-pemudi untuk belajar sejarah yang berkaitan dengan bangsa Indonesia agar tahu dan faham tentang jati diri bangsanya demi memperkuat rasa persatuan, sesuai ungkapan bung Karno“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya sendiri”.

Bahasa

Indonesia memiliki 742 bahasa daerah yang tenttu menjadi kekayaan kita untuk terus dilestarikan. Meskipun demikian, bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia harus kita junjung tinggi. Cita-cita kita sebagai bangsa yang besar, menjadikan bahasa Indonesia masuk kedalam salah satu bahasa Internasional selain bahasa Inggris. Sesuai yang tertulis dalam isi sumpah pemuda Indonesia bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa.

Hukum Adat

Indonesia adalah negara yang penuh keberagaman, mulai dari suku, agama, ras, golongan, adat, budaya dan sebagainya. Dari keberagaman itu kita dipersatukan dengan “Bhineka Tunggal Ika” sebagai bangsa yang besar dan bermartabat. Sebagai pemuda-pemudi bangsa Indonesia, sudah sepatutnya kita memiliki jiwa lapang dada dan penuh solidaritas untuk menjunjung tinggi rasa persaudaraan dan perdamaian diantara sesama. Apapun perbedaannya, kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia. Meskipun berbagai macam suku dan adat di Indonesia memiliki ketetapan yang mengatur kehidupan masyarakatnya, sejatinya Indonesia adalah negara hukum yang memandang sama seluruh masyarakat, apapun latar belakangnya yang sudah tertulis pada Undang-Undang Dasar 1945.

Pendidikan

Pemuda-pemudi bangsa Indonesia harus terdidik. Pendidikan menjadi hal yang penting dalam menentukan masa depan diri sendiri maupun bangsa. Salah satu cara untuk memberantas kebodohan adalah dengan pendidikan, baik formal maupun non formal. Lingkungan juga menjadi salah satu tempat pendidikan. Oleh karena itu, kita harus benar-benar menjaga lingkungan kita dari hal-hal yang dapat menimbulkan pengaruh negatif, agar nantinya para pemuda-pemudi bangsa Indonesia memiliki kualitas yang baik sehingga dapat menjadi harapan untuk menatap optimisme Indonesia menjadi negara yang maju dan negara yang disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

Kemauan

Cinta terhadap tanah air dengan menjaga dan memanfaatkan kekayaan dengan sebaik-baiknya demi kemakmuran rakyat. Menunjukkan bahwa kita mempunyai aset yang berharga dan para pemuda-pemudi harus terus berupaya untuk menciptakan inovasi-inovasi baru baik berupa ilmu pengetahuan, karya, maupun kegiatan positif lainnya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas untuk sekarang dan yang akan datang. Kemauan dan tekad yang kuat dari para pemuda akan memperjelas bahwa besarnya peran dari pemuda untuk menentukan kemana arah Indonesia di masa depan.

Pemuda Indonesia adalah aset berharga yang perlu dididik dan diarahkan kedalam hal-hal yang positif untuk meningkatkan produktifitas, kreatifitas dan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru untuk menciptkan optimisme Indonesia kedepan akan menjadi negara maju.

Indonesia membutuhkan pemuda yang selalu berpikir positif, kreatif, inovatif, berperilaku produktif dan tentu saja peka terhadap lingkungan sekitar. Semakin keras kemauan dan tekad para pemuda untuk mau belajar dan terus menghargai proses, semakin besar pula peluang bangsa ini untuk dapat menggapai cita-cita bangsa yang tertulis pada pembukaan UUD 1945 alinea-4.

Pemuda adalah penentu masa depan sebuah bangsa. Kelak mereka yang akan memimpin negeri ini. Semua tergantung dari seberapa matang persiapan yang mereka lakukan. Kita hanya bisa berharap semoga para pemuda Indonesia, kelak mampu menjadi pemimpin yang dapat melanjutkan cita-cita bangsa ini untuk mewujudkan Indonesia yang sejatera, Indonesia yang maju, Indonesia yang adil dan beradab. Masa depan Indonesia ada di tangan pemuda.

Selamat Hari Sumpah Pemuda

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone