Profesor Edith Cowan University Kunjungi Departemen Komunikasi UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Prof. Panizza Allmark dari Edith Cowan University Australia melakukan kunjungan di Departemen Komunikasi FISIP UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Departemen Komunikasi Universitas Airlangga menerima kegiatan visiting profesor oleh Prof. Panizza Allmark dari Edith Cowan University, Australia. Kegiatan tersebut dimulai sejak Rabu (17/10) hingga Sabtu (27/10).

Dosen sekaligus sekretaris Departemen Komunikasi UNAIR, Dr. Liestyaningsih Dwi D, Dra., M.Si, mengatakan, selama di UNAIR, Prof. Panizza akan mengajar mata kuliah Ilmu Komunikasi di S1, Media Komunikasi di S2 dan S3 Ilmu Sosial yang berminat ke Media Komunikasi sebagai dosen tamu.

“Selama di UNAIR, Prof. Panizza akan mendampingi mahasiswa dan dosen menulis jurnal, melakukan join research, dan mengajar S1 sampai S3,” sebutnya.

Sebelumnya, Prof. Panizza pernah berkunjung untuk visting professor di Departemen Komunikasi UNAIR pada 2016 lalu. Lebih lanjut, Dr. Lies mengatakan, kegiatan visiting professor semacam ini merupakan bentuk kerja sama insidensil Departemen Komunikasi UNAIR dengan Edith Cowan University.

“Memang belum ada kerja sama jangka panjang, tetapi masih insidensil semacam ini. Nah, tahun depan, 2019 kita akan melakukan kerja sama untuk satu tahun penuh. Output-nya adalah nanti staf-staf dosen juga akan menulis jurnal dan jurnalnya harus terindeks Scopus, karena keluarannya memang harus seperti itu,” jelasnya.

Hal tersebut penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sivitas akademika  Departemen Komunikasi.

“Terutama dosen-dosen, supaya punya wawasan yang lebih baik lagi, mahasiswa S1, S2, S3 punya wawasan yang baru. Iya, untuk kualitas jurnal, kualitas research-nya mahasiswa, karena mahasiswa juga punya kualitas research lebih baik, terutama dalam hal pemahaman metodologi research,” imbuhnya.

Dr. Lies juga mengungkapkan kesan yang pernah Prof. Panizza sampaikan selama dirinya berada di UNAIR.

“Menurut beliau, beliau sangat senang karena penerimaan yang ramah, sangat baik. Sebab kami memang ingin memberikan yang terbaik, kami juga mendampingi beliau selama di sini. Kami juga senang dengan Prof. Panizza, beliau orang yang low profile, ilmunya juga tidak diragukan lagi,” terang Dr. Lies.

Tak hanya datang berkunjung, Prof. Panizza juga mendapat kesempatan untuk menjadi pembicara pada konferensi internasional yang digelar oleh Departemen Komunikasi pada Rabu (24/10).

Prof. Panizza menjadi keynote speaker dalam acara 2nd International Post-Graduate Conference on Media and Communication (IPCOMP) yang diselenggarakan di Hotel Novotel Samator, Surabaya. Konferensi tersebut mengusung tema “Challenges and Opptunities in (Indonesia) Future”.

Selain Prof. Panizza, acara juga dihadiri oleh tiga orang pembicara lain, di antaranya, Prof. Rachmah Ida, M.Comms., Ph. D dari Universitas Airlangga, Prof. Deddy Mulyana, M. A., Ph.D dari Universitas Padjajaran, dan Elizabeth L. Enriquez, Ph.D dari University of Philipines. (*)

Penulis : Zanna Afia Deswari

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).