OLIVIA Ramaikan Kongres ke V Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Wakil Dekan I Fakultas Voksi UNAIR Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si (berbaju hijau ditengah) berfoto bersama Ketua Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia Dr. Ir. Arief Darjanto, M.Ec. ( berbatik biru empat dari kiri) di Stand Institut Pertanian Bogor pada (18/10) lalu.
Wakil Dekan I Fakultas Voksi UNAIR Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si (berbaju hijau ditengah) berfoto bersama Ketua Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia Dr. Ir. Arief Darjanto, M.Ec. ( berbatik biru empat dari kiri) di Stand Institut Pertanian Bogor pada (18/10) lalu. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Fakultas Vokasi Universitas Airlangga bekerjasama dengan Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) kembali menyelenggarakan Olimpiade Vokasi Indonesia 3.0 (OLIVIA). Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2018 merupakan kompetisi sains terapan yang bertujuan untuk menyajikan keterampilan dan kemampuan mahasiswa bidang kevokasian sesuai dengan keilmuannya masing-masing. Selain itu, olimpiade juga diadakan untuk pertukaran informasi antar mahasiswa vokasi se-Indonesia.

Ditahun ketiga penyelenggaraannya, Olimpiade Vokasi Indonesia mempertandingkan tujuh cabang lomba baik individu maupun kelompok seperti Debat Bahasa Inggris, Bussiness Plan, LKTI, Vlog Competition, Live Cooking, Piranti Cerdas dan Sistem Tertanam serta Web Design. Mengangkat tema “Acknowledge Your Entrepreneural Potential, Build Indonesia” olimpiade tahunan forum vokasi Indonesia ini diharapkan mampu mencetak lulusan vokasi yang professional serta berjiwa entrepreneur untuk pembanguan ekonomi negara dimasa mendatang.

“Selamat bertanding anak-anakku semua dengan sportivitas yang tinggi dibidang lomba yang kalian ikuti. Meski tuan rumah UNAIR tidak bisa mengintervensi juri. Siapapun yang menang insyaAllah karena memang itu prestasinya dan layak mendapat gelar juara,” tutur Wakil Dekan I Fakultas Voksi UNAIR Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si  dalam sambutanya pada final OLIVIA 2018.

“Terimakasih untuk seluruh kontingen Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia. Tak lupa dosen-dosen muda Fakultas Vokasi yang turut membantu terlaksananya kegiatan ini, karena saat ini yang muda yang berkarya,” tambahnya diikuti teput tangan meriah seluruh peserta olimpiade.

Olimpiade Vokasi Indonesia kali ini ditujukan kepada  mahasiswa vokasi dari seluruh Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forum Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) serta non anggota FPTVI. Pendaftaran telah dibuka sejak 6 Juli – 28 September 2018 lalu. Final seluruh kompetisi dilakukan pada 18 Oktober di Gedung Airlangga Convention Center Kampus C UNAIR. Untuk kemudian pengumuman pemenang dilakukan pada 19 Oktober 2018 ditempat yang sama. Turut hadir pula Ketua FPTVI Dr. Ir. Arief Darjanto, M.Ec. dari Institut Pertanian Bogor pada acara itu.

Sejak diadakan pertama kali ditahun 2016. Olimpiade Vokasi Indonesia telah berganti nama sebanyak tiga kali. Pada tahun pertama nama Olimpiade Ilmiah Vokasi Nasional (OIVN)2016 bertempat di Universitas Indonesia, ditahun kedua berganti nama menjadi Olimpiade Sains Terapan Mahasiswa Vokasi Indonesia (OLINAMASI) 2017 di Institut Pertanian Bogor, dan terakhir menjadi Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2018 di Universitas Airlangga. Nama OLIVIA kemudia dipatenkan sebagai nama olimpiade vokasi untuk tahun-tahun berikutnya pada kongres ke V Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia.

Penulis: Wiwik Yuni Eryanti Ningrum

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).