Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga yang tergabung dalam English Departement Students’ Association (EDSA) mengadakan company visit ke Kantor Redaksi Harian Jawa Pos Graha Pena Surabaya pada Selasa (16/10) (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Persaingan di dunia kerja saat ini semakin ketat. Selain karena jumlah penduduk yang terus bertambah, persaingan juga muncul karena perusahaan-perusahaan saat ini membutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan tertentu.

Untuk mempersiapkan itu, mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga yang tergabung dalam English Departement Students’ Association (EDSA) mengadakan company visit (Comvis) ke Kantor Redaksi Harian Jawa Pos, Graha Pena Surabaya, pada Selasa (16/10).

Ketua panitia comvis Annisa Radista Wardhani mengatakan, company visit ini dilakukan mengingat minimnya informasi mahasiswa mengenai atmosfer dunia kerja.

Selain itu, kegiatan ini adalah tindak lanjut dari Webinar (Web-Seminar) pada Juni lalu, yang turut mengundang narasumber dari alumni Bahasa dan Sastra Inggris yang berkarir di bidang media, pariwisata, dan ekspor-impor.

“Berdasarkan hasil polling minat karier yang telah dilakukan oleh Divisi Litbang EDSA, media memuncaki posisi teratas jenjang karier yang diminati oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris. Bidang inilah yang menjadi patokan untuk menentukan perusahaan tujuan company visit ke Jawa Pos tahun ini,” terang Annisa.

Selama satu setengah jam kunjungan ke redaksi Jawa Pos, mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris diajak untuk masuk dapur redaksi. Di sana, mahasiswa diberi materi terkait area kerja Jawa Pos seperti bagian Zetizen, berita nasional, iklan, sport (olahraga), dan segala macam berita yang tercantum di koran harian Jawa Pos.

“Tidak hanya itu, kami juga diberi kesempatan untuk berdiskusi secara langsung dengan Ivo, salah satu pemateri yang merupakan jurnalis dan editor di Jawa Pos, dia juga menjelaskan kalau Jawa Pos juga bekerjasama dengan media luar negeri seperti Reuters,” tambahnya.

Salah satu peserta, Dyta Septiyatik, mengaku terkesan dengan kegiatan kunjungan ini. Kunjungan ini merupakan kali pertama ia merasakan pengalaman langsung di dunia jurnalistik.

“Jadi tahu kalo dunia kerja jurnalistik itu banyak tantangan, terus dipasang deadline dan itu dipasang setiap hari buat para jurnalis. Terus ada posisi apa aja di sana, sama fungsinya sendiri di rumah redaksi,” papar mahasiswa angkatan 2015 itu. (*)

Penulis : Fariz Ilham Rosyidi

Editor    : Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone