IKA UA
Wakil Rektor IV UNAIR Junaidi Khotib saat memberikan ucapan kepada pengurus yang baru dilantik. (Foto: Nuri Hermawan)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Alumni menjadi aset penting bagi sebuah institusi pendidikan. Untuk itu, Universitas Airlangga tidak hentinya melangsungkan kegiatan temu alumni di berbagai daerah di Indonesia. Kali ini, melalui Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) melangsungkan acara Temu Alumni dan Pelantikan IKA UA Wilayah Sumatera Selatan.

Bertempat di Hotel Horison Ultima Palembang (14/10), acara Temu Alumni dan Pelantikan IKA UA Wilayah Sumatera Selatan itu, dihadiri puluhan alumni UNAIR dari beragam profesi yang tersebar di berbagai daerah di Sumatera Selatan.

Wakil Rektor IV Junaidi Khotib Ph.D., yang turut hadir mewakili rektor mengatakan, pelantikan yang dilakukan merupakan awal sebuah pengabdian yang luar biasa untuk almamater dan bangsa. Doktoral lulusan Jepang itu juga mengatakan bahwa pengurus IKA UA di berbagai wilayah sudah dirancang untuk dibentuk dan tinggal dilakukan pelantikan. Hal itu, imbuhnya, merupakan bagian UNAIR untuk terus mampu memberikan sumbangsih yang nyata bagi peradaban bangsa.

“Tercatat, masih ada beberapa daerah yang belum dilantik, ke depan akan kita selaraskan tekad ini untuk memberikan sumbangsih yang nyata bagi bangsa dan negara ini,” tuturnya.

Mengenai misi UNAIR menjadi 500 besar kampus kelas dunia, dalam sambutannya, ia mengajak kontribusi dan partisipasi alumni untuk mendukung langkah itu. Saat ini, imbuhnya, alumni telah banyak membantu dalam bentuk fisik, masjid, beberapa sarana prasarana di fakultas, dan RS Terapung misalnya, yang semua itu bersumber dari dana alumni.

“Alumni harus mampu memberikan gambaran yang utuh terkait nilai-nilai yang dimiliki UNAIR dimanpaun berada. Mereka yang bergerak di bidang masing-masing itu adalah duta airlangga,” jelasnya.  “Mari memberikan kontribusi dengan menerapkan budaya akademik ataupun organisasi yang sudah di bangun di UNAIR,” imbuhnya.

Sebelum menutup sambutan, Junaidi mengatakan bahwa banyak cara dan hal yang ke depan harus dilakukan oleh alumni. Salah satu yang sangat penting untuk hari ini adalah menguatkan komunikasi dan jariangan melalui media sosial. Baik antar alumni yang sudah lama maupaun alumni yang baru saja selesai studi.

“Kita perlu bergerak bersama-sama. Karena sejatinya kita sudah dalam barisan yang kuat. Untuk itu, mari berjuang bersama-sama untuk membangun negeri melalui profesi dan instansi dimanapun kita berada,” pungkasnya.

 

Penulis: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone