Weekend Bertabur Ilmu Ajak Mahasiswa Berlomba Mencari Ilmu dan Melakukan Kebaikan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KH. ABDUL Qoyyum Mansyur ketika menyampaikan materi dalam Weekend Bertabur Ilmu. (Foto: Galuh Mega Kurnia)
KH. ABDUL Qoyyum Mansyur ketika menyampaikan materi dalam Weekend Bertabur Ilmu. (Foto: Galuh Mega Kurnia)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga sebagai kampus dengan motto Excellence with Morality terus berupaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa. Tidak hanya mengenai ilmu dunia, namun juga ilmu agama untuk membentuk karakter mahasiswa yang bermoral tinggi. Salah satunya adalah melalui serangkaian acara bertajuk Weekend Bertabur Ilmu yang diselenggarakan Remaja Masjid Ulul Azmi.

Ainun Najah, mahasiswi teknik biomedis angkatan 2015 sekaligus koordinator acara kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa rangkaian acara diawali pada Jum’at (28/9). Yakni melalui Tabligh Akbar mengenai Peringatan Tahun Baru Islam oleh KH. Abdul Qoyyum Mansyur atau biasa dipanggil Gus Qoyyum, pengasuh pondok pesantren An-Nur Lasem, Rembang. Topik itu sengaja dipilih karena pada 10–11 September kemarin bertepatan dengan Tahun Baru Islam.

Kemudian, pada hari kedua, Sabtu (29/9), kegiatan dilanjutkan dengan Tabligh Akbar terkait Memosisikan Madzhab dan Ukhuwah oleh Ustadz Ahmad Sarwat, Lc., M.A, pengasuh rumah fiqih dan direktur sekolah fiqih Indonesia. ”Untuk pemilihan topik terkait madzab dan ukhuwah adalah karena menurut kami, mahasiswa dan masyarakat penting untuk tahu bahwa ukhuwah itu seperti apa,” ucap mahasiswa yang akrab dipanggil Ainun tersebut.

”Selain itu, sebagai umat Islam, kita harus mempererat silaturahmi kita sehingga bisa menjadi masyarakat Islam yang bersatu. Juga, bagaimana cara kita untuk mempersatukan muslim meskipun katanya ada aliran NU, Muhamadiyah, dan lain-lain,” imbuhnya.

Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan Seminar Kemuslimahan dan Beauty Class pada Minggu (30/9) dengan menghadirkan beberapa pemateri yang menarik. Di antaranya, Meyda Sefira, seorang aktris, engineer, dan motivator sekaligus penulis buku Hujan Safir; Ustadzah Aini Aryani, Lc sebagai co-founder Rumah Fiqih Indonesia; dan Adinda Putri sebagai tutor di sesi Beauty Class.

”Dalam seminar kemuslimahan tersebut akan dijelaskan materi terkait bagaimana seorang wanita berpenampilan secara syariat dan sharing gimana cara agar di era sekarang muslimah bisa tampil  cantik dan baik tapi tidak menyimpang dari syariat Islam. Bahwa Islam tidak membatasi gerak wanita,” terang Ainun.

Meski persiapan dan pelaksanaan kegiatan mendekati ujian tengah semester (UTS), namun menurut Ainun, panitia yang terdiri atas mahasiswa remaja masjid dan panitia lolos seleksi open recruitment masih sangat kooperatif. Mereka memiliki semangat yang tinggi untuk menyukseskan kegiatan.

Selain itu, Ainun berharap dengan diadakannya rangkaian kegiatan Weekend Bertabur Ilmu tersebut mahasiswa UNAIR menjadi lebih menghargai dan aktif berada di majelis-majelis ilmu. Sebab, remaja masjid juga siap memfasilitasi mahasiswa untuk belajar agama. (*)

 

Penulis: Galuh Mega Kurnia

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).