Kiat mencari Beasiswa dari Emil Dardak di SEMPOA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
EMIL Dardak saat memberikan paparan dalam acara SEMPOA pada (23/9) di AULA amerta Kampus C UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Seminar dan Expo Mahasiswa (SEMPOA) di Aula Amerta Kampus C UNAIR pada Minggu (23/9) turut mengundang Dr. Emil Elistianto Dardak, M.SC sebagai salah seorang narasumber. Sebagaimana diketahui bahwa Emil menjadi salah seorang figur yang memiliki prestasi dalam pendidikannya. Hal tersebut terbukti dari latar pendidikan Emil yang pernah menempuh pendidikan S2 di University of Oxford dan S3 di Ritsumeikan Asia Pacific University.

Dalam paparannya, Emil menyatakan bahwa investasi terbesar adalah bidang dalam bentuk sumber daya manusia (SDM). Seseorang yang mencari beasiswa tentu perlu mempersiapkan sejak dini. Jika ingin ke luar negeri, penguasaan bahasa asing harus diperhatikan.

”Mahasiswa yang dicari adalah yang memiliki tujuan. Yang mengorbankan provit jangka pendek untuk provit jangka panjang,” tuturnya.

Mengenai job interview, hal yang perlu diperhatikan adalah penampilan menarik sebagai bagian dari first impression serta personality. ”Untuk narasi, bawakan narasi tentang diri kalian. Kisah personal yang dapat memberikan nilah tambah. Bukan hanya sekadar mencari profit, tapi juga pengabdian. Ceritakan bahwa kita mampu bangkit dan jadi pribadi yang berwarna,” ujar Emil.

Selain itu, pendidikan di luar negeri tidak selamanya superior. Jika memang mendapatkan kesempatan belajar di luar, transfer of knowledge sangat dibutuhkan. Apa yang dicari dan didapat perlu dibawa kembali ke Indonesia.

”Mengembangkan rasa cinta tanah air. Sebab, tidak ada tempat paling indah, selain tempat kita sendiri,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Sempoa digelar untuk membantu mahasiswa UNAIR dalam mendapatkan beasiswa luar negeri. Termasuk memberikan informasi langsung mengenai beasiswa melalui expo yang menghadirkan berbagai instansi seperti Bank Central Asia (BCA), Indocement, dan Bank Indonesia. (*)

 

Penulis: Pradita Desyanti

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu