Tiga Acara “FALAH 2018” Sukses Digelar, Business Workshop Hadirkan Dahlan Iskan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
FALAH
Dahlan Iskan saat memberikan materi kepada peserta FALAH 2018. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR menggelar Festival Ilmiah Ekonomi Syariah (FALAH) 2018 pada (20-22/09). FALAH merupakan event yang diinisiasi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF), yakni Association of Shariah Economics Studies (AcSES). Rangkaian acara terdiri Call for Essay, Grand Dakwah, dan Workshop Business.

“FALAH bertujuan untuk mencari serta mengoptimalkan peran para pemuda sebagai penggerak utama dalam membangun bangsa ini,” ungkap Hasbi Ash Shidiq selaku koordinator sie acara

Acara pertama digelar Lomba Call for Essay dengan sasaran para mahasiswa di seluruh Indonesia. Lomba mengangkat tema “Optimizing Role of Milenial Islamic Generation For Better Society” dengan 4 subtema, yakni Pemanfaatan Socio Techno Finance dalam Meningkatkan Kesejahteraan untuk Indonesia Madani, Pendidikan Berkarakter dalam Menciptakan Generasi Islam Milenial untuk Menuju Indonesia Madani, Usaha Pemuda Madani dalam Mengentaskan Dampak Negatif Teknologi, Distribusi Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf dalam Membangun Perekonomian Indonesia Madani. Pemberian subtema membantu para peserta dalam menulis karya tuiis ilmiah lebih spesifik. Peserta nantinya akan dibebaskan memilih salah satu dari 4 subtema yang disediakan.

Acara selanjutnya yakni Grand Dakwah digelar pada Jum’at (21/09) bertempat di Masjid Ulul Azmi Kampus C UNAIR pukul 19.00. Tema yang diusung hampir sama dengan Lomba Call for Essay yakni “Pemuda Menjawab Tantangan Zaman Now”. Dakwah mendatangkan pembicara Ustadz Fariz Khirul Anam, Lc., M.H.I.  Dalam kajiannya, Ustaz Fariz menyampaikan bahwa tantangan para pemuda muslim saat ini berasal dari dalam internal dan eksternal individu. Sehingga pemuda muslim khususnya mahasiswa harus memiliki pendirian yang kuat akan prinsip hidupnya, jangan sampai mudah terombag-ambing oleh lingkungan.

Acara terakhir adalah Workshop Business bertajuk “Youngcreativepreneur in Digital Era” yang diisi oleh Prof. Dr. Dahlan Iskan  selaku Menteri BUMN, Dalu Nuzlul Kirom yang berprofesi sebagai ST CEO Ternaknesia, dan Delvino Mahsavarenza, Founder Itsbana Chips, pada da Sabtu (22/09) dilaksanakan di Aula Fadjar Notonegoro FEB Kampus B UNAIR.

“Harapan ke depan para pemuda dapat mengambil ilmu selama mengikuti rangkaian kegiatan FALAH. Pembangunan bangsa bergantung pada peran pemuda era milenial,” pungkas Aisyah

Penulis: Tunjung Senja Widuri

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu