HIMA Ilmu Informasi dan Perpustakaan Kembali Selenggarakan FIRECOM 2.0

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SALAH satu peserta FIRECOM melakukan presentasi esai. (Foto: Istimewa)
SALAH satu tim peserta FIRECOM melakukan presentasi esai. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Menyambut  peringatan hari jadi organisasi, Himpunan Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan (HIMAFORSTA) menyelenggarakan kompetisi esai bertajuk Forsta Airlangga Competition (FIRECOM) pada Kamis (20/9). Bertempat di Aula Soetandyo, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR, FIRECOM mengundang sepuluh finalis yang berhasil lolos seleksi naskah esai untuk mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri.

Lomba yang diikuti siswa-siswi SMA, SMK, atau MA se-Indonesia itu kini telah memasuki tahun kedua. Mengusung tema Peran Generasi Muda dalam Eksistensi Perpustakaan di Era Informasi Digital, peserta mendapat kesempatan untuk menuangkan ide-ide kreatif tentang inovasi perpustakaan pada masa mendatang.

”Kurang lebih konsepnya sama seperti tahun lalu. Hanya, kami menambahkan inovasi baru pada tema dan jangkauan lomba. Jika tahun lalu hanya diikuti SMA atau SMK se-Gerbang Kertasusila dan Jawa Timur, tahun ini jangkauannya nasional,” terang Asro Xabilul Haq, ketua pelaksana FIRECOM 2018.

”Ajang ini juga merupakan salah satu upaya pengenalan program studi ilmu informasi dan perpustakaan (IIP) UNAIR kepada siswa menengah atas,” imbuhnya.

Pengenalan tersebut, lanjut dia, ditujukan agar generasi setelah di bawah, SMA, mengetahui seperti apa ilmu informasi dan perpustakaan itu. Bagaimana prospek ke depannya. Selain mengenalkan IIP, kegiatan tersebut memberikan kesempatan bagi siswa SMA mengetahui bagaimana cara penulisan esai yang baik.

Seusai para finalis menyajikan presentasi dan tanya jawab, tibalah detik-detik pengumuman pemenang lomba. Juara I diraih SMAN 3 Mojokerto, Juara II SMAN 1 Sumbawa Besar, Juara III MA Matholi’ul Anwar Lamongan, Juara Harapan I dan Harapan II oleh SMAN 1 Sukowati. Serta Juara Harapan III diraih SMA AL Izzah Batu.

Sementara itu, Ketua HIMAFORSTA Reza Octasep Pahlevi berharap kegiatan itu mampu memicu semangat generasi muda, khususnya siswa-siswi SMA menggali ide sekaligus menuangkannya menjadi sebuah karya. Meski bukan menjadi agenda yang wajib diselenggarakan setiap tahun, FIRECOM seakan telah menjadi ikon pada perayaan dies natalis HIMAFORSTA.

”Adanya FIRECOM ini diharapkan mampu memicu semangat anak-anak muda dalam menggali ide kreatifnya melalui tulisan. Tentu bangga akhirnya kegiatan ini dapat kembali terlaksana. Semoga ke depan lebih sukses lagi,” ungkapnya. (*)

Penulis: Zanna Afia Deswari

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu