Anggota IAI KAPd bersama Ketua IAI KAPd terpilih Prof. Dr. Dian Agustia, S.E., M.Si., Ak., CA., CMA (jilbab biru, lima dari kiri) usai rapat anggota di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kamis (6/09). (Foto:Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS –  Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Kompartemen Akuntan Pendidik telah melakukan rapat anggota untuk memperbarui kepengurusan periode 2018-2020. Rapat anggota iti diselenggarakan pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA) 21 di Universitas Mulawarman, Samarinda Kamis (06/09).

Turut hadir Menristekdikti Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., CA dan Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A., Ak., CA.

Kompartemen Akuntan Pendidik (KAPd) merupakan salah satu kompartemen di IAI, dengan Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., Akt., CA, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Ketua IAI KAPd Wilayah Jawa Timur yang juga sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR) Prof. Dr Dian Agustia, S.E., M.Si., Ak., CA., CMA terpilih menjadi Ketua IAI KAPd menggantikan Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, S.E., M. Si., Ak., CA dari Universitas Padjadjaran. Ia terpilih melalui sistem voting.

Dalam pemaparannya usai terpilih, Prof. Dian akan melakukan gebrakan fundamental. Caranya, membangun IAI KAPd dengan memberdayakan seluruh dosen akuntansi untuk bersinergi memajukan profesi akuntan pendidik.

“Ke depan, akan ada banyak perubahan fundamental soal pengembangan dosen. Bersinergi dengan memberdayakan seluruh kekuatan dosen akuntansi Indonesia untuk memajukan dunia pendidikan akuntansi di Indonesia,” terang Prof Dian.

“Upaya menghadirkan kesetaraan kualitas pendidikan akuntansi di seluruh wilayah Indonesia akan dimaksimalkan dengan peningkatan publikasi internasional, pendidikan berkelas internasional, dan akreditasi yang berkualitas,” tambahnya.

Perubahan konkret dijabarkan Prof Dian melalui penyampaian visi, misi, dan program strategis kepada seluruh anggota IAI Akuntan Pendidik. Salah satu misinya adalah berpartisipasi aktif dalam mewujudkan good governance di bidang pendidikan melalui upaya yang sah dan dalam perspektif nasional dan internasional.

Dengan program strategis, pertama, penguatan riset dan publikasi pada level nasional dan internasional, dan program strategi lainnya. Setelah terpilih menjadi ketua IAI KAPd, lanjut Prof Dian, visi misi dan program strategis bisa dilakukan dengan mengelaborasi ide atau gagasan dan sinergi seluruh dosen akuntansi dan stakeholder IAI KAPd.

“Jadi, dosen akuntansi di Indonesia dan pengurus IAI KAPd berperan aktif memajukan pendidikan akuntan di Indonesia. Melalui penguatan di bidang riset, kompetensi dosen, dan penguatan institusi melalui akreditasi yang berkualitas, dan menguatkan akuntan pendidik dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” tegasnya.

Ia menambahkan, pada rapat anggota IAI KAPd ini, Prof. Nunuy sudah membuat IAI KAPd menjadi inklusif, mendorong kemajuan kegiatan di forum, wilayah, dan menghasilkan produk standar untuk pendidikan.

“Apa yang sudah dilakukan Prof. Nunuy untuk kemajuan akuntan pendidik akan terus dilakukan dan dikembangkan,” tuturnya. (*)

Penuliis : Rolista Dwi Oktavia

Editor: Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone