Ilustrasi
Ilustrasi oleh Dictio Community
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat jiwa entrepreneurship harus dimiliki oleh mahasiswa saat ini. Hal tersebut yang menjadi latar belakang diadakannya “Entrepreneurship Online Sharing Session” oleh Airlangga University Bidik Misi Organization (AUBMO) PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi. Sharing online yang diadakan di grup whatsapp pada Jum’at (14/9) kemarin, menghadirkan narasumber yang merupakan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR angkatan 2012 dan mantan Wakil Presiden BEM UNAIR 2015, yaitu Moh. Hadi Subarkah.

Berikut telah UNAIR NEWS rangkum beberapa pertanyaan, tips, dan trik selama berlangsungnya Entrepreneurship Online Sharing Session.

 

Apa saja tantangan yang akan dihadapi ketika kita mencoba untuk berwirausaha diusia muda ?

“Tantangan utama ketika kita berwirausaha diusia muda pasti banyak, mulai gak tau caranya ini itu, orang tua yang khawatir kalo bangkrut, komplain pelanggan, kurang motivasi di tengah jalan, hingga melihat teman-teman yang sudah dapat kerja tampil rapi dan punya gaji rutin tiap bulan.”

 

Dengan tantangan yang ada, apa sih kiat-kiat untuk tetap bisa istoqomah menjadi pengusaha muda ?

“Wirasusaha itu soal mindset, jadi dibenerin dulu mindsetnya. Mindset pengusaha beda dengan karyawan atau pekerja mandiri. Pengusaha harus siap resiko, pengusaha harus pandai memotivasi diri sendiri, tidak boleh ngemis-ngemis motivasi. Ingat seorang raja dikerajaan tidak pernah ngemis motivasi ke rakyatnya. Agar tetap istiqomah dan terjaga, carilah mentor bisnis dan komunitas bisnis, disitu kalian akan punya lingkaran frefuensi yang sama untuk menjaga mindset kalian.”

 

Bagaimana cara untuk mengembangkan kreativitas dan ide dalam berwirausaha ?

Entrepreneur itu harus jeli melihat peluang. Harus pinter melihat demand/permintaan barang disekitar kita. Biar kratif, sering berkunjung aja ke teman-teman yang punya bisnis, sering diskusi dan bisa juga datang ke pameran-pameran dagang & UMKM yang dibuat dinas/kementerian.”

 

Bagaimana cara memotivasi diri kita sendiri ketika usaha kita kadang sering dinilai negative oleh orang disekitar kita ?

“Tidak ada pengusaha pemula yang nggak dapat komen negatif, pro dan kontra pasti ada. Yang penting kita yakin ya lanjut saja. Untuk memotivasi diri, kita harus punya target dan konsisten dengan target kita. Orang kadang kehilangan motivasi atas apa yang dia kerjakan, karena dia tidak ada target. Buatlah target harian, setiap hari mau ngapain, next apa lagi. Target jelas dan stepladder-nya terarah serta terukur.”

“Semua orang ingin sukses, dan banyak juga yang ingin menjadi pengusaha. Bisnis yang paling baik adalah bisnis yang dilakukan bukan terus ditanyakan. Jadi lakukanlah!, Konkret kan!. Dan berproseslah seperti tanaman bonsai!, tak perlu terlihat cepat, tak perlu terlihat besar, tak perlu pula terlihat tinggi. Tetapi memiliki harga yang tinggi.”

 

Penulis: Bastian Ragas

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone