Desain: Feri Fenoria Rifai
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Berawal dari skripsi “Pengaruh Trauma Masa Kanak terhadap Kelektn Dewaa pada Awal yang Pernah Menyaksikan KDRT Ditinjau dari Kepribdian” Andini Damayanti terpilih menjadi wisudawan terbaik Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Airlangga. Ia mampu meraih nilai IPK 3,74.

Dalam penelitian itu, Andini membahas trauma di masa kanak-kanak, kepribadian, dan kelekatan dewasa awal yang pernah menyaksikan KDRT. Kajian itu, jelasnya, memiliki tujuan untuk melihat seberapa besar intensitas trauma yang dialami, aspek kepribadian yang cenderung mereka miliki dan pengaruh terhadap kelekatan dewasa.

Andini menuturkan, bahwa tidak pernah menemui hambatan yang berarti semasa kuliah. Seperti halnya, nilai yang drop yang dialami mahasiswa lainnya. Tetapi, dalam penentuan skripsi, ia mendapatkan hambatan yang berat yaitu mencari subjek.

“Saya tidak hanya kuliah, sembari mengisi hari dengan kegiatan magang di unit pelayanan psikologi,” tutur alumnus SMA 5 Surabaya itu.

Dari kegiatan di waktu proses kuliah, Andini mampu mempelajari cara melakukan tes psikologi, observasi, dan menghadapi klien yang berkebutuhan khusus. Tak disangka, Andini juga pernah menjadi staff Aiesec Surabaya.

Dibalik kesuksesan Andini dengan gelar yang diraihnya, ia menjadi tester tes intelegensi untuk anak SD yang berkebutuhan khusus. Tes yang diadakan oleh unit pelayanan psikologi yang bekerjasama dengan dinas pendidikan surabaya. Untuk menegakkan mimpi masa depan, Andini berencana untuk bekerja dahulu untuk beberapa tahun. Untuk kemudian, jelasnya, ia berencana bakal melanjutkan S2 Profesi karena keinginan menjadi psikolog.

“Jujur, saya memilih prodi Psikologi hingga ujung kesuksesan karena ketertarikan untuk rasa kepedulian dalam menolong orang lain mencapai kesehatan mentalnya. Oleh karena jtu, ingin menjadi psikolog dewasa,” tandas wisudawan kelahiran 17 Maret 1997.

Pada akhir, saat ditanya mengenai trik dan pesan kepada rekan-rekan mahasiswa, ia berpesan bahwa  mahasiswa harus rajin membaca serta berusaha untuk mencari kesempatan untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkan selama proses kuliah. Pasalnya, dengan hal itu, tujuan studi selama kuliah akan bisa tercapai. (*)

Penulis: Rolista Dwi Oktavia

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone